Header Ads

Baca! Ini 6 Tantangan Ahok kepada Tuhan Soal Banjir





Jakarta Baru. Begitu jargon pasangan Jokowi-Ahok kala masih menjadi peserta pemilihan gubernur DKI Jakarta tahun 2012 lalu. Yang dijanjikannya antara lain Jakarta bebas macet dan banjir.

Pilgub usai, pasangan itu pun terpilih. Kemudian Jokowi hanya dua tahun menjabat karena "naik kelas" menjadi presiden. Tampil lah Ahok sebagai penggantinya yang harus menunaikan janji-janji kampanye dulu. Yaitu menjadikan Jakarta bebas banjir.

Beberapa aksi sudah dilakukan. Seperti menggusur pemukiman warga. Meski kalah di pengadilan, penggusuran telah dilaksanakan. Dan dengan percaya diri, Ahok berbicara kepada media bahwa Jakarta akan bebas banjir. Namun kenyataannya, bulan Februari 2017 ini kita saksikan Jakarta kembali tergenang air.

Berikut ini beberapa klaim Ahok yang terekam media.

1. Jakarta bebas banjir pada Februari 2017

Berkaca dari keadaan bulan Februari tahun 2016, Ahok yakin bahwa Februari 2017 Jakarta tidak lagi kebanjiran.

"Ya (kalau banjir) itu memang nasib kan. Tapi Februari tahun ini kan enggak (banjir)?" kata Ahok di Balai Kota, Selasa 16 Agustus 2016, dikutip mediaindonesia.com


Kuncinya adalah perbaikan pompa air dan sekitar 1.080 saluran air di ibukota. Kalaupun benar banjir, sambung Ahok, wilayah Utara Jakarta akan jadi daerah pertama yang banjir. Sebab kontur tanah Jakarta Selatan lebih tinggi ketimbang Jakarta Utara. Kalau Selatan banjir, berarti ada saluran yang tersumbat mesti diperbaiki.

Klaim ini kemudian kandas oleh kenyataan beberapa hari terakhir. Daerah Jakarta Timur dan Selatan yang punya ketinggian lebih dari Jakarta Utara tetap mengalami genangan di beberapa titik.

2. Jakarta bebas banjir meski Katulampa siaga 1

"Jadi kalau dulu dengar Katulampa siaga 1, Jakarta kan takut dulu. Sekarang sudah enggak ada, enggak perlu takut," penuh percaya diri Ahok menyatakan itu di Balai Kota Jakarta, Jumat 26 Agustus 2016 seperti diberitakan metrotvnews.com

Katanya, hasil dari normalisasi sungai sejak zaman Joko Widodo hingga kini sudah membuahkan hasil dalam mengantarkan limpahan air dari hulu sampai hilir sungai Ciliwung.

Namun pada 15 Februari 2017 lalu, status siaga 2 di Katulampa saja sudah menyebabkan Jakarta terendam di beberapa wilayah.

3. SMA 8 bakal bebas banjir

SMAN 8 Jakarta terletak di Kelurahan Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan. Sekolah itu memang kadang terganggu proses belajar mengajarnya karena air yang menggenang di ruang-ruang kelas. Namun Ahok pernah menjamin sekolah itu tak lagi kebanjiran.

"Sekarang SMAN 8 sudah tidak banjir lagi, kering. Mau kiriman banjir berapa pun dari Bogor, saya jamin kering," kata Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat 22 April 2016, dikutip bisnis.com

Faktanya, pada 16 Februari 2017 siswa-siswi SMAN 8 Jakarta terpaksa diliburkan karena banjir melanda di kawasan itu.

4.



Jakarta bebas banjir walau hujan lebat 2 jam

Berikan aku dua jam hujan, aku buktikan Jakarta tidak banjir lagi. Kira-kira begitu tantangan Ahok.

"Nah semalam dites ok. Makanya, saya enggak tahu, saya harap beberapa hari ini hujan lebat lagi nih, kalau perlu hujan lebat yang, lah satu jam, dua jam, kita tes lagi," kata Ahok di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu 20 Desember 2015 dikutip dari merdeka.com

Nyatanya limpahan hujan deras bulan ini masih sebabkan banjir di Jakarta.

5. Kampung Pulo bebas banjir

Setelah penggusuran area Kampung Pulo pada 2015 lalu, Ahok yakin mulai tahun itu wilayah Kampung Pulo akan bebas banjir.

"Kita telah memindahkan ruko di Jatinegara dan Kampung Pulo yang selama ini menutup saluran air. Insya Allah tahun ini bisa bebas banjir," ujar Ahok di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin 22 Juni 2015, dikutip dari metrotvnews.com

Tahun 2016, kembali Ahok membanggakan kawasan Kampung Pulo yang telah bebas banjir. "Sekarang kamu tanya orang Kampung Pulo, masih ada cerita sinetron Kampung Pulo enggak? Dulu TV itu selalu namanya enggak hujan atau hujan kiriman Bogor, pasti ke Kampung Pulo langsung shoot, dua meter wah jadi sinetron," ujarnya di Balaikota, Jumat 22 April 2016 seperti dikutip merdeka.com


Tetapi Kampung Pulo termasuk daerah yang terimbas banjir beberapa hari lalu.

6. Bukit Duri bebas banjir usai digusur

Ahok bersikeras menggusur pemukiman di Bukit Duri, akhir Agustus 2016 lalu. Tindakan itu terbukti melawan hukum berdasar putusan Pengadilan Tata Usaha Negara, 6 Januari 2017.

Sebelumnya, Ahok mengaku bahwa Bukit Duri akan bebas banjir setelah digusur.

"Kalau kami kerjakan sekarang kan lumayan. Berarti Bukit Duri akan bebas (banjir). Lalu kami harus bagaimana mengambil keputusan? Kamu mau korbankan jutaan orang atau hanya berapa orang yang keras kepala," kata Ahok di Balai Kota, Jakarta, Rabu 28 September 2017, dikutip cnnindonesia.com

Nyatanya kawasan Bukit Duri masih saja diterjang banjir. Penggusuran tak mengubah apa-apa kecuali kehidupan warga yang rumahnya dihancurkan alat berat.



Diberdayakan oleh Blogger.