Header Ads

Anies Baswedan dan Empat Takbir yang Mengiringinya






"Allahu Akbar!!!" Pekikan itu memancarkan gelora, membakar semangat, di dalam makna yang terkandungnya: Allah Maha Besar tanpa ada satu pun yang melebihi-Nya. Itulah takbir, lantunan milik umat Islam sebagai peneguh tekad.

Dan pekikan takbir ini setidaknya lekat dengan sosok Anies Baswedan dalam empat peristiwa berikut ini.

1. Aksi Bela Islam 112

Pada acara sholat shubuh yang dilanjutkan dengan dzikir massal yang digelar di Masjid Istiqlal pada Sabtu, 11 Februari 2017 lalu sempat dihiasi dengan ramainya pekikkan takbir. Para jamaah serempak mengagungkan nama Allah ketika Anies Baswedan hadir di tengah mereka beberapa saat sebelum waktu subuh masuk.

Melihat kedatangan calon gubernur muslim, jamaah antusias. Bukan teriakkan "Hidup Anies" yang dilontarkan, tetapi nama Allah swt. Menandakan kerendahan hati di hadapan Allah swt sekaligus membuncahkan semangat untuk memenangkan gubernur muslim dalam ajang pemilihan gubernur DKI Jakarta.

2. Penghitungan Suara di TPS 01 Utan Panjang

Proses penghitungan suara ulang (PSU) di TPS 01, Kelurahan Utan Panjang, Kemayoran, Jakarta Pusat di meriahi dengan gema takbir, Ahad 19 Februari 2017. Setiap kali disebut pasangan nomor tiga, masyarakat yang menontong penghitungan suara itu kompak bersuara "Allahu Akbar" serta tahmid.

Kebalikannya, ketika panitia menyebut nama Ahok-Djarot, kata negatif yang terlontar. Seperti gepeng, babi, neraka, dll. Yang paling baik adalah "innalillahi wa inna ilaihi rojiun." Kalimat yang disebut seorang muslim ketika mendapat musibah.





3. Kemenangan Anies-Sandi di TPS 29 Kalibata

Hari ahad, 19 Februari 2017 juga dilakukan pemungutan ulang di TPS 29 Kalibata, Jakarat Selatan. Hasilnya, pasangan Anies Sandi meraih 385 suara. Sementara Agus-Sylvi yang bernomor urut satu mendapat 7 suara, dan Agus-Djarot menjadi 19 suara.

Menyambut kemenangan Anies-Sandi ini, warga melantunkan sholawat serta takbir.

4. Mengunjungi Korban Banjir Cipinang Melayu

Hari ini, Senin 20 Februari 2017, banjir menggenang di beberapa wilayah Jakarta. Salah satunya di kawasan Cipinang Melayu, Makassar, Jakarta Timur. Lokasi ini didatangi oleh Anies Baswedan untuk melihat kondisi banjir secara langsung.

Mengetahui kedatangan Anies, warga pun berduyun-duyun menyambutnya. Salah satu warga memeluk erat. Dan terdengar pula teriakan takbir dari warga.

Dalam waktu ke depan, tampaknya Anies Baswedan akan akrab dengan pekikan takbir di mana ia berada. Ini karena masyarakat sudah rindu dengan pemimpin muslim dan santun. (Zico Alviandri)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.