Header Ads

Dahsyatnya Kekuatan Istighfar







Suatu hari Imam Hasan Al-Basri ditanya oleh muridnya yang mempunyai keluhan sudah lama tidak punya anak, lalu Imam Hasan Al-Basri menasehatinya untuk memperbanyak istighfar.

Ada muridnya yang lain bertanya kepada beliau bahwa ia tidak punya harta maka Imam Hasan Al-Basri memerintahkan untuk banyak membaca istighfar. Sekelompok muridnya yang lain lagi mengeluhkan bahwa di negerinya lama tidak turun hujan. Maka beliau memerintahkan semua murid-muridnya untuk banyak membaca istighfar.

Salah seorang muridnya bertanya "Wahai Imam murid-muridmu mengeluhkan berbagai persoalan yang berbeda mengapa engkau memerintahkan hal yang sama yaitu membaca istighfar?" Lalu Imam Hasan Al-Bashri mengingatkan firman Allah swt.

‎فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا
‎يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُم مِّدْرَارًا
‎وَيُمْدِدْكُم بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَل لَّكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَل لَّكُمْ أَنْهَارًا





"maka aku katakan kepada mereka:

'Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, -sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun-, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai." (QS. Nuh : 11-13)

Tentu saja di samping kita membaca istighfar harus dibarengi dengan ikhtiar (berusaha), bukan hanya berdiam diri di rumah saja. Harus terus berusaha untuk mendapatkan harta yang halal.

Semoga Allah memberikan kekuatan kepada kita untuk banyak beristighfar dan Allah beri kekuatan kepada kita untuk lebih semangat dalam berusaha. Semoga Allah membukakan pintu-pintu rezeki kepada kita. Astaghfirullahal adzim. Amin ya Rabbal alamin.

Ahmad Syaikhu






Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.