Header Ads

Heboh Bumi Datar, Zakir Naik Berikan Jawaban Cerdas







Belakangan ini ramai pendapat yang menyatakan bahwa bumi itu datar. Mereka yang menyatakan ini kerap mendasarkan argumentasinya pada kata "hamparan" yang Allah nyatakan dalam Al Quran Surah Qaf ayat 7. Apa pendapat Dr Zakir Naik? Dia mengungkap fakta bahwa bumi itu bulat seperti telur burung unta.

Zakir Naik mengisahkan tentang perjalanan Sir Francis Darke pada 1577 yang mengelilingi bumi yang membuktikan bahwa bumi itu bulat.  Zakir Naik lalu menjelaskan tentang ayat Al Quran yang berbicara tentang pergantian siang dan malam dalam surah Luqman: 29.

Tidakkah kamu memperhatikan, bahwa sesungguhnya Allah memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan Dia tundukkan matahari dan bulan masing-masing berjalan sampai kepada waktu yang ditentukan, dan sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Menurut Zakir Naik, Allah swt yang memasukkan malam ke dalam siang dan siang ke dalam malam. "Memasukkan" adalah tahapan dari proses lambat. Malam secara perlahan masuk menuju waktu siang dan siang secara perlahan masuk menuju waktu malam. Jika bumi datar, proses di atas tidak akan bisa terjadi.




Dalam surah Az Zumar: ayat 35, Allah juga berfirman:

Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar; Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Ingatlah Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.

Allah swt menggunakan kata "kowara" yang berarti pergantian penggulungan yang berputar. Allah yang melakukan perputaran siang dan malam. Penggulungan atau perputaran tersebut seperti menggunakan sorban di kepala.

Terakhir, Zakir Naik menjelaskan makna kata "dahaha" dalam Al Quran surah An-Naziyat: 30

Dan bumi sesudah itu dihamparkan-Nya.

Dahaha berarti bulat. Dalam bahasa Arab, Dahaha berasal dari kata "duhya" yang artinya telur. Bukan telur pada umumnya namun seperti telur unta.

Bukankah bentuk bumi kita sama persis dengan telur unta? Bumi kita tidak bulat seutuhnya. Di atasnya datar dan menggelembung di tengahnya.

"Allah swt telah mengatakan ini 1.400 tahun lalu di dalam Al Quran," pungkas Zakir Naik.










19 komentar:

  1. Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. Tetap tidak masuk akal...emang dia sendiri sudah pernah keliling dunia keluar angkasa......jgn asal teori yg pintar membalikan fakta yg sdh di terapkan dari dulu...datar iya jika dia hanya berdiri di suatu tempat..dan hanya teori saja yg di keluarkan,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba difikir kalau bumi benar" datar seperti yang kamu bilang bagaimana pergantian malam dan siang coba saya tanya?

      Hapus
  3. Utk perihal bentuk yg spt telur burung onta, tinggal membuktikan scr ilmiah yg pasti nti hasilnya adlh spt telur burung onta, kl ngg 2 dimensi ya 3 dimensi. Sy lbh penasaran dg perihal heliosentris (matahari sbg pusat), atau geosentris (bumi sbg pusat). Mengingat Az Zumar 35 "... menundukkan matahari dan bulan, masing-masing BERJALAN menurut waktu yang ditentukan..."

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mas, sepengetahuan saya, Matahari jugakan memang bergerak.

      Matahari dan semua planetnya berada di dalam sebuah galaksi yakni Galaksi Bima Sakti. Kalau Bumi dan seluruh planet di Tata Surya bergerak mengelilingi Matahari, maka Matahari dan seluruh sistem di dalamnya bergerak mengelilingi pusat galaksi Bima Sakti yang selama ini jadi rumahnya. Di dalam galaksi Bima Sakti, Matahari berada di salah satu lengan spiralnya pada jarak 26000 tahun cahaya dari pusat Bima Sakti. Dan pusat galaksi BImasakti merupakan sebuah lubang hitam supermasif.

      sumber : https://langitselatan.com/2012/07/01/apakah-matahari-mengelilingi-bimasakti/

      Hapus
    2. Mb, perhatikan seksama deh, Al Baqarah 62. Btw, sy pnggemar astronomi dan in Syaa Allah sdh hafal isi langit sejak SD klas 4. Ada bnyk hal yg ngg match, antara buku pelajaran dg Quran. Stlh 33 th, ada yg mulai berani membahas ketidaksinkronan td. In syaa Allah diskusi ini membawa manfaat. Aamiin.. Jgn lupa Al Baqarah 62 tadi..

      Hapus
    3. maaf mas henning. hal apa saja yg ga match antara buku dan Quran?

      Hapus
    4. Apa beda matahari dg bintang? Coba Mb telaah lbh dalam lg karakter betelgeux, sirius, antares, astor, pollux, arcturus, pleisades, rasi crux, dan msh bnyk lagi... Jd mnurut sy, kita ngg us fokus k datar atw bulatnya dlu, bnyk keganjilan dr buku ke buku astronomi karangan manusia..

      Hapus
    5. Setelah mendalami contoh kecil karakter bintang2 yg sy sebutkan td, sgera cari bintang2 td d langit. In Syaa Allah setelah nemu bintang2 tadi, Mb Sari akan takjub bahwa Firman Allah Swt d Quran tentang langit dan isi langit adalah benar2 benar. Setelah takjub, segera kmbalikan lagi fokus pada buku.. Eng ing eng.. Pertanyaan2 lanjutan in Syaa Allah akan muncul, dmn buku tidak bisa menjawab dg tegas, tp Allah Swt via Quran bisa menjawab dg tegas..

      Hapus
    6. Mmg ribet dan butuh waktu, Mb. Tp mmg begitu cara terbaik utk menjawab pertanyaan hal apa aj yg ngg match antara buku dg Quran. Super banyak hal, Mb

      Hapus
  4. Kenapa beberapa tahun lalu(sebelum trending flat earth)dia bilang al-quran menyatakan bumi itu bulat?karena ada orang yang menuduh bahwa al-quran itu salah bahwa didalam al-quran dinyatakan bahwa bumi itu datar/dihamparkan dan matahari yang beredar bertentangan dengan sains modern.(you know what the modern science is....).maka beliau mencoba membela dengan mencari ayat al-quran yang nampaknya sesuai dengan sains modern dan salah satunya tentang al-quran bilang bumi bulat sesuai dengan sains modern.(waktu itukan bumi bulat masih dianggap benar/sbg kebenaran,you know salah satu tanda kiamat adalah kebohongan menjadi kebenaran dan sebaliknya).
    bukannya dia membantah flat earth.
    Beliau sekarang ini mungkin belum tau soal flat earth.kan treanding flat earth 1,5 tahun belakangan ini.
    Seandainya dia tahu,pikirin aja apa yang akan katakan.soal teori evolusi dia tentang soalnya terbongkarnya kebohongan teori evolusi udah lama sebelum Dr.Zakir Naik.saya pernah liat videonya.
    Dan mungkin ada video indo membantah flat earth dengan cuplikan Dr.zakir naik.katanya Dr.zakir naik bilang bumi itu bulat ini ini ini...
    Jadi seolah-olah dia membantah flat earth.PADAHAL NGGAK!
    Itu cuplikan video lama coba anda cari video aslinya.seperti yg sudah dijelaskan diatas dia bilang al-quran itu bumi bulat dsb. Karena ada yg menuduh al-quran itu salah tidak sesuai dengan sains modern, makanya beliau mencoba membela dengan tafsir ayat" INI bahwa al-quran bilang bahwa bumi itu bulat dsb. Sesuai dengan sains modern.
    Nggak ada dia bilang dia membantah fe.
    Dan soal tafsir burung unta katanya dahaha(dihamparkan) turunannya al-adhiyu(telur burung unta).padahal tafsir yg benar adalah dahaha adalah perilaku burung unta menyiapkan tanah untuk telur²nya.bukannya dahaha telur burung unta.dr.zakir naik bukan ahli tafsir sebenarnya dia aslinya dokter.
    Dan siang-malam berputar (kuwaro)lebih cocok bumi datar sebenarnya soalnya siang dan malamnya sebagian dalam fe.(nggak klo siang, siang semua atau malam,malam semua seperti yg dipikirkan selama ini.)dan siang malamnya itu berputar(bukan buminya)seiring perputaran matahari.

    Dihamparkan(al-baqarah:22,al-hijr:19,nuh:19,ar-ra'd:3,al-ghasiyyah:20,qaf:7,an-naba:6)
    Datar(al-kahf:47)
    Matahari yg beredar(yasin:38 al-kahf:17)
    DAN MASIH BANYAK LAGI.
    Sekarang ada nggak ayat yang benar² menegaskan bahwa bumi itu bola?
    Dan ingat bahwa teori heliosentrik-ge ini asalah teori pagan.

    BalasHapus
  5. Di al quran tidak ada ayat tegas yang menyatakan kalau "bumi itu datar".. ataupun "bumi itu bulat"..

    Tapi yang biasa di katakan orang non islam, itu adalah bumi itu datar karena bnyk al quran yang berbunyi bumi di hamparkan..

    Lalu yang jadi pertanyaannya apakah dihamparkan itu selalu bermakna bumi itu datar?

    Kalau kita baca full ayatnya contohnya
    di quran al baqarah (2:22)

    "Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezeki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui."

    Kalau orang bodoh pasti menganggap ayat itu menyatakan bumi itu datar..

    Kalau kita membaca tafsir dari manapun, pasti disitu mengatakan bumi itu sebagai tempat tinggal yang bisa kita tinggali..

    ataupun didalam Surat Ya-sin ayat 38 yang menyatakan kalau matahari itu berjalan di tempat peredarannya pun itu bukan berarti matahari yang mengelilingi bumi

    Sudah dijelaskan lebih jelasnya di ayat 40 yaitu
    "Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malampun tidak mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya.

    Semuanya bulan, bumi, dan mataharipun seperti yang kita tahu sekarang masing2 sudah mempunyai garis edarnya sendiri.. termasuk matahari, matahari juga berjalan dan tidak diam dia mengitari galaxy yang sekarang dinamakan galaxy bima sakti..

    Dari Surat Ya-sin ayat 40 secara langsung menepis semua argumen yang menyatakan kalau Al Quran menyatakan bumi itu datar, dan secara ajaib pada 1400 tahun yang lalu menyatakan semuanya (bulan, bumi dan matahari) punya peredaran tersendiri..

    BalasHapus
  6. Kata Dahaha menurut ahli bahasa arab dan ulama arab artinya hamparan. jadi Al-Quran tidak mungkin berselisih, di 7 surat lainya mengatakan bumi itu hamparan masak iya ada 1 surat di artikan seperti telur burung onta. Al-quran tidak kan berselisih antara surat 1 dengan surat lainnya.

    BalasHapus
  7. Bumi berputar bulan berputar, tapi kenapa wajah bulan. Selalu itu2 saja ya???

    BalasHapus
  8. Mampir gan, : http://rianwahid.blogspot.co.id/2017/08/hal-yang-membuat-percaya-bahwa-bumi-itu.html?m=1

    BalasHapus
  9. Perkara bulat atau datar..gak terlalu penting..karena yg penting apa bekal kita untuk akhirat..yg jelas penciptaan yg di buat Allah tidak ada yg sia2..kita memang disuruh untuk belajar dan terus belajar sehingga akan semakin takjub dengan kebesaran Allah..
    Jika diantara kita ada yg memahami setelah kematian tidak ada apapun lagi sprti dikatakan dr S Hawking. Maka Allah Juga Tidak merugi karena manusia yg berpaham spt itu.
    Intinya..kembali ke dasar! Kita udah pada lupa jati diri manusia itu sbg apa?? Khalifah Bumi..penjaga bumi.. udah ngapain susah susah..mau bentuk bumi kek apa yg penting dijaga!
    Kalau anda dititipkan sebuah tas org lain untuk dijaga..apa anda akaj bongkar semua isi n meneliti detailnya?? Lantas kenapa harus diributkan???? Amanahnya kita disuruh jaga! Titik!!
    Jaga jgn sampai rusak jgn sampai hilang apa lagi..

    Kita sibuuuuk bumi bulat bumi datar..perhatikan aja apa yg terbaik sebagai generasi penerus untuk memperbaiki semua kerusakan yg udah kita perbuat pada bumi ini..

    BalasHapus
  10. Panjang bat komennya puyeng gw liatnya

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.