Header Ads

Berapa Jumlah Ayat dalam Al Quran?







Pertanyaan tentang berapa jumlah ayat Al Quran masih banyak disampaikan oleh umat Islam. Mereka masih bingung karena ada yang mengatakan 6.666 ayat, namun ada juga yang berbeda. Lalu, berapa sebenarnya jumlah ayat dalam Kitab Suci umat Islam tersebut dan mengapa berbeda-beda jumlahnya?

Dalam hal in, ulama memang berbeda pendapat. Ibnu Katsir menyebutkan beberapa pendapat, dan beliau tegaskan bahwa jumlah ayat al-Quran tidak kurang dari 6000 ayat. Sementara lebihnya, diperselisihkan.

Ibnu Katsir mengatakan,

Tentang jumlah ayat al-Quran ada 6000 ayat. Kemudian ulama berbeda pendapat yang lebih dari angka itu. Diantara mereka berpendapat, tidak lebih dari 6 ribu ayat. Ada yang mengatakan, 6204 ayat. Ada yang mengatakan, 6014 ayat. Ada juga yang mengatakan, 6219 ayat. Ada yang mengatakan, 6225 atau 6226 ayat. Dan ada yang mengatakan, 6236 ayat. Pendapat terakhir ini disampaikan oleh Abu Amr ad-Dani dalam kitab al-Bayan. (Tafsir Ibn Katsir, 1/98).

Dari penjelasan Ibnu Katsir di atas, ada beberapa catatan:

Pertama, Ibnu Katsir tidak menegaskan tentang berapa jumlah ayat al quran dalam bilangan angka tertentu.





Kedua, perbedaan jumlah ayat bukan karena perbedaan al-Quran yang mereka miliki. Al-Quran mereka sama. Persis seperti Mushaf al-Imam yang diterbitkan di zaman Khalilfah Utsman bin Affan radhiyallahu ‘anhu. Karena mengingkari satu huruf dalam al-Quran, sama dengan mengingkari seluruh isi al-Quran. Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu mengatakan,

”Barangsiapa yang kufur terhadap satu huruf al-Quran atau salah satu ayat al-Quran berarti dia telah kufur terhadap seluruh isi al-Quran.” (Tafsir at-Thabari, 1/55).

Adanya perbedaan pendapat mengenai jumlah ayat al-Quran disebabkan perbedaan mereka dalam menentukan titik-titik ayat dalam al-Quran. Terkadang ada dua ayat dalam mushaf kita, yang menurut ulama tertentu, dua ayat itu dihitung satu ayat. Terkadang ada satu ayat panjang, oleh ulama A masih dianggap satu ayat, sementara oleh ulama B dianggap dua ayat. Dan demikian seterusnya, sehingga jumlah ayat al-Quran menurut berbeda-beda sesuai dengan ijtihad mereka.

Juga perbedaan dalam menentukan status basmalah. Sebagian ulama menyebut basmalah di setiap awal surat sebagai ayat pertama. Sementara ulama lainnya menyatakan itu bukan ayat pertama dalam surat tersebut.

Allahua'lam








Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.