Header Ads

Soal Wahabi, Ini Penjelasan Raja Salman







Kerajaan Arab Saudi kerap mendapat stigma negatif dengan mengaitkannya dengan paham wahabi yang dinilai radikal, fundamentalis dan jumud. Di Indonesia, isu wahabi menjadi senjata paling ampuh untuk membunuh karakter organisasi Islam atau tokoh Islam yang berjuang untuk menegakkan Islam.

Terkait hal ini, Raja Salman bin Abdulaziz menyampaikan pemikirannya. Ia memberikan klarifikasi dan meluruskan kesalahpahaman soal tersebut. Berikut pernyataan Raja Salman.

Saat menjadi Gubernur Riyadh, Raja Salman bin Abdul Aziz menantang orang-orang yang menggelari Kerajaan Arab Saudi dengan sebutan wahabi. Beliau mengatakan, “Musuh-musuh dakwah (Islam) menggelari dakwah asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab dengan sebutan wahabi, padahal kami tidak mengenal yang demikian”.





“Saya berbicara kepada kalian hari ini, di sebuah daerah yang menjadi tempat munculnya dakwah yang dipimpin oleh al-Imam Muhammad bin Suud dan asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab (Propinsi Dir’iyah). Apa yang mereka serukan adalah dakwah Islam yang tidak ada penyimpangan maupun ketidak-jelasan di dalamnya”. Kemudian beliau menambahkan, “Saya tantang (orang-orang yang menuduh dakwah ini menyimpang pen.) untuk menemukan satu huruf saja dari buku-buku karya asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab atau dalam risalahnya, yang menyelisihi Kitabullah atau sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam!”

Raja Salman menjelaskan, “Muncul dan berdirinya Kerajaan Arab Saudi dibangun oleh al-Imam Muhammad bin Suud dan dakwah asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab. Dakwahnya adalah dakwah yang bersih (dari kesesatan), yang bersumber kepada Kitabullah dan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Tidak ada selain dari kedua hal itu”. (Wyn/diolah dari berbagai sumber)



Diberdayakan oleh Blogger.