Header Ads

Wowww... Menteri Ini Tawari China Bangun Waduk Senilai Rp 4,5 Triliun

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bertemu dengan Menteri Sumber Daya Air China, Chen Lei di Jakarta, Kamis (6/4)





Kedekatan hubungan Indonesia dan China bukan isapan jempol. Berbagai proyek investasi telah dikerjakan dan juga terus ditawarkan oleh pemerintah kepada negara komunis tersebut. Yang terkini, investasi waduk sebesar Rp 4,5 triliun akan diberikan ke China.

Hal itu terungkap saat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menerima kunjungan Menteri Sumber Daya Air (SDA), China Chen Lei, didampingi Duta Besar China untuk Indonesia, Xie Feng, di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (6/4/2017).

Kunjungan tersebut merupakan kunjungan balasan, di mana pada akhir bulan lalu Basuki melakukan kunjungan kerja ke China untuk membahas isu pembangunan bidang sumber daya air.




Basuki menawarkan kerja sama pembangunan empat waduk yang juga memiliki potensi pembangkit listrik cukup besar. Keempat bendungan tersebut yakni Waduk Pelosika di Sulawesi Tenggara, Waduk Rokan Kiri (Lompatan Harimau) di Riau, Waduk Jenelata di Sulawesi Selatan, dan Waduk Riam Kiwa di Kalimantan Selatan. Total nilai investasinya Rp 4,5 triliun.

Mendapat tawaran menggiurkan ini, Menteri Chen Lei langsung menyambut baik.

"Proyek ini sangat baik dan berkontribusi besar dalam pengelolaan air di Indonesia, tentu kami akan mempertimbangkan hal ini dengan serius," ujar Chen Lei seperti dilansir detik (Kur/Wajada)






Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.