Header Ads

Inilah Keutamaan Membaca Al-Qur'an Saat Ramadhan







Ramadhan memiliki banyak istilah. Ia disebut bulan tarbiyah, bulan suci, bulan ampunan, bulan rahmat dan juga bulan al-Qur'an. Mengapa Ramadhan dikenal juga dengan syahrul Qur'an dan apa keutamaannya membaca Kitab Suci umat Islam itu pada bulan puasa?

Ada hubungan sangat istimewa antara Ramadhan dengan Al-Qur'an. Allah swt menurunkan Al-Qur'an kepada Nabi Muhammad saw melalui malaikat Jibril pada saat Ramadhan. Firman Allah SWT: "Bulan Ramadhan, yang di dalamnya diturunkan permulaan Al-Qur'an ... " (Al-Baqarah: 185).

Dalam hadits shahih dari Ibnu Abbas, Rasulullah saw bertemu dengan Jibril pada bulan Ramadhan setiap malam untuk membacakan kepadanya Al-Qur'an. Itu menunjukkan dianjurkannya mempelajari Al-Qur'an pada bulan Ramadhan dan berkumpul untuk itu, juga menunjukkan dianjurkannya memperbanyak bacaan Al-Qur'an pada bulan Ramadhan.






Tentang keutamaan berkumpul di masjid-masjid untuk mempelajari Al-Qur'an, Rasulullah saw bersabda: "Tidaklah berkumpul suatu kaum di salah satu rumah Allah seraya membaca kitab Allah dan mempelajarinya di antara mereka, kecuali turunlah ketenangan atas mereka, serta mereka diliputi rahmat, dikerumuni para malaikat dan disebut-sebut oleh Allah kepada para malaikat di hadapan-Nya." (HR. Muslim).

Dalam hadits Ibnu Abbas di atas disebutkan pula mudarasah antara Nabi SAW dan Jibril terjadi pada malam hari. Ini menunjukkan dianjurkannya banyak-banyak membaca Al-Qur'an di bulan Ramadhan pada malam hari, karena malam merupakan waktu berhentinya segala kesibukan, kembali terkumpulnya semangat dan bertemunya hati dan lisan untuk merenungkan.

Allah swt berfirman: "Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyu'), dan bacaan di waktu itu lebih berkesan." (Al-Muzzammil: 6)






Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.