Header Ads

Pertumbuhan Penduduk Menurun, Indonesia Diprediksi Tak Lagi jadi Negara Muslim Terbesar di Dunia







Status sebagai negara muslim terbesar di dunia akan tinggal cerita. Pada tahun 2045, India diprediksi akan menjadi nomor satu, menggeser posisi Indonesia. Menurunnya angka pertumbuhan penduduk menjadi penyebabnya.

Kabar mengejutkan ini datang dari Kepala
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro. Dia
menyebut Indonesia tak akan lagi menjadi negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia.

"Jumlah anak per keluarga rata-rata 2,3 anak, ke depan akan terus menurun jadi 2,1. Jadi tiap keluarga punya anak 1, 2, 3, nah dirata-ratakan itu 2,3," kata Bambang Brodjonegoro, di Hotel Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, Kamis (24/8/2017).

Data statistik tahun 2017 menunjukkan, jumlah penduduk Indonesia sekitar 260 juta jiwa. Pada 100 tahun kemerdekaan atau tahun 2045, penduduk Indonesia diprediksi sebanyak  320 juta jiwa.





Saat ini, Indonesia berada di peringkat 4 dunia dengan jumlah penduduk terbesar, sesudah China, India, dan Amerika Serikat. Walaupun India berada di peringkat 2, namun jumlah penduduknya sebanyak 1,2 miliar jiwa atau 5 kali jumlah penduduk Indonesia.

Sedangkan jumlah penduduk musllim di India saat ini 10 persen lebih sedikit dibanding jumlah penduduk muslim di Indonesia. Penduduk muslim di India merupakan kedua terbesar di dunia setelah Indonesia.

"Tahun 2045, siapa negara dengan penduduk terbesar di dunia? Bukan lagi China tapi India yang diprediksi jumlah penduduknya 1,7 miliar jiwa pada tahun 2045," kata Bambang.

"Dalam waktu yang tidak terlalu lama, jumlah penduduk muslim di India yang merupakan minoritas akan melampaui (jumlah penduduk muslim) di Indonesia," ujar Bambang lagi seperti dilansir dari Kompas.







Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.