Header Ads

Sukses Dalam Perspektif Al-Qur'an







Kesuksesan adalah harapan setiap orang, karenanya berbagai upaya di lakukan untuk mendapatkannya.

Berbagai macam penafsiran muncul untuk menjelaskan arti kesuksesan ukurannyapun dibuat oleh para ahli dalam berbagai macam latar belakang keilmuan

Berikut ini salah satu pendapat  dari Brian Tracy tentang sukses, "

Success is the ability to live your life the way you want to live it, doing what you most enjoy, surrounded by people who you admire and respect.

Sukses adalah keinginan untuk menjalani hidup anda sesuai dengan keinginan anda , melakukan apa yang ingin anda nikmati , dikelilingi keluarga, teman dan orang yang anda hormati.

Lalu bagaimana kita melihat kesuksesan yang sebenarnya, sehingga tidak bingung mencari definisi dan mengukur kesuksesan.

Sebagai seorang muslim yg terbaik tentu saja mengembalikan semua itu kepada rujukan yang hakiki yaitu Al Quran dan Al Hadits. Sebagaimana Allah swt firmankan,
.... Jika kalian berselisih dalam suatu hal, maka kembalikanlah kepada Allah dan Rasul-Nya. Jika kalian benar-benar beriman kepada Allah dan hari akhir.Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya”(QS. An Nisa: 59).

Dalam Al Quran Allah swt  memberikan penjelasan tentang sukses dengan berbagai model kata, seperti:





1. Ayat dengan redaksi “Qod Aflaha”:
(QS. Al-Mukminuun: 1-11, Al-A’la: 14-15 dan Asy-Syams: 9)

2. Ayat dengan redaksi “Al-Muflihuun”:
(QS. Al-Baqarah: 1-5, Ali ‘Imraan: 104, Al-A’raaf: 8, 157, At-Taubah: 88, Al-Mukminuun: 102, An-Nuur: 51, Ar-ruum: 38, Luqmaan: 1-5, Al-Mujaadalah: 22, Al-Hasyr: 9 dan At-Taghaabun: 16)

3. Ayat dengan redaksi “Al-Muflihiin”:
(QS. Al-Qashash: 67)

4. Ayat dengan redaksi “Tuflihuun”:
(QS. Al-Baqarah: 189, Ali ‘Imraan: 130, 200, Al-Maa’idah: 35, 90, 100, Al- A’raaf: 69, Al-Anfaal: 45, Al-Hajj: 77, An-Nuur: 31 dan Al-Jum’ah: 10)

5. Ayat dengan redaksi “Al-Faa’izuun”:
(QS. At-Taubah: 20, Al-Mukminuun: 111, An-Nuur: 52 dan Al-Hasyr: 20)

6. Ayat dengan redaksi “Faqod Faaz”:
(QS. Ali ‘Imraan: 185 dan Al-Ahzaab: 70-71)

7. Ayat dengan redaksi “Fawzan”:
(QS. Al-Fath: 4-5)

8. Ayat dengan redaksi “Al-Fauz”:
(QS. An-Nisaa’: 13, Al-Maa’idah: 119, Al-An’aam: 16, At-Taubah: 72, 89, 100, 111, Yuunus: 64, Ash-Shaaffaat: 60, Ghoofir: 9, Ad-Dukhaan: 57, Al-Jaatsiah: 30, Al-Hadiid: 12, Ash-Shaff: 12, At-Taghaabun: 9 dan Al-Buruuj: 11).

Dari sekian banyak penjelasan Allah swt dalam Al Quran di atas tentang kesuksesan maka dapatlah kita simpulkan bahwa sukses adalah ketika seseorang selalu menjadikan Al Quran dan Al Hadits sebagai pedoman dalam menjalankan seluruh kehidupannya. Sebagaimana Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

"Aku telah tinggalkan pada kamu dua perkara. Kamu tidak akan sesat selama berpegang kepada keduanya, (yaitu) Kitab Allah dan Sunnah Rasul-Nya." (Hadits Shahih Lighairihi, H.R. Malik; al-Hakim, al-Baihaqi, Ibnu Nashr, Ibnu Hazm. Dishahihkan oleh Syaikh Salim al-Hilali di dalam At Ta’zhim wal Minnah fil Intisharis Sunnah, hlm. 12-13).

Semoga Allah swt senantiasa membimbing kita menjadi manusia yang sukses dalam kehidupan di dunia dan di akhirat kelak. Aamiin.

Rosandi Ardi Nugraha




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.