Header Ads

JK Pastikan Indonesia Siap Menampung Berapa Saja Muslim Rohingya







Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan kesiapan pemerintah Indonesia untuk menampung berapa saja muslim Rohingya yang mengungsi akibat genosida yang dilakukan rezim junta Myanmar.

"Kita menampung berapa saja, kita tampung," ujar JK di Kantor Wakil Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 5 September 2017.

Menurut JK, hal itu karena para pengungsi menjadikan Indonesia sekadar lokasi transit sebelum mengungsi ke negara-negara yang dianggap lebih maju serta bisa menjanjikan kemakmuran lebih baik untuk mereka.

JK menjelaskan, di negara-negara maju itu, para pengungsi dapat dijadikan tenaga kerja untuk ikut menggerakkan perekonomian negara tersebut.





"Karena itu, justru negara-negara seperti Amerika itu memang butuh tenaga kerja. Kalau di negara kita, kan sudah berlebihan tenaga kerja," katanya.

Menurut JK, Indonesia bekerjasama dengan badan PBB yang menangani pengungsi (UNHCR) untuk selanjutnya menetapkan tempat pengungsian permanen bagi para pengungsi Rohingya. Lokasi itu antara lain negara seperti Amerika Serikat dan Australia.

Seperti diketahui, Indonesia menjadi lokasi pengungsian oleh ratusan muslim Rohingya sejak beberapa tahun lalu. Lokasinya antara lain berada di Aceh dan Makassar, Sulawesi Selatan. Demikian diberitakan Viva.






Diberdayakan oleh Blogger.