Header Ads

Usulan Konkret Fadli Zon: Pemerintah Menaturalisasi Pengungsi Rohingya di Indonesia







Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat RI Fadli Zon meminta pemerintah Indonesia sebagai negara terbesar di ASEAN melakukan langkah nyata terhadap pengungsi Rohingya. Dia menyarankan agar mereka diberikan kewarganegaraan Indonesia (WNI) atau menaturalisasi.

“Kalau saya berpendapat, kalau pemerintah berani ya harusnya membuka diri (naturalisasi) untuk pengungsi,” ujar Fadli di Nusa Dua Convention Center, Bali, Kamis (7/9). Menurut dia, naturalisasi merupakan sikap konkret pemerintah dalam membela etnis Rohingya yang mengungsi ke Indonesia.

Langkah naturalisasi, tambah Fadli, bukan karena mereka muslim, tapi karena kejahatan kemanusiaan yang menimpa etnis tersebut.

Fadli menggarisbawahi kecaman sejumlah negara dalam Forum Parlemen Dunia atas kekerasan yang menimpa etnis Rohingya.





"Saya kira tokoh dunia juga mengecam sampai Paus (Fransiskus) juga, bukan hanya negara yang mayoritas penduduknya Muslim. Saya kira apapun agamanya kita harus mengecam itu," katanya.

Nantinya, jelas Fadli, mereka yang dinaturalisasi dapat ditempatkan di sejumlah pulau yang ada di Indonesia. Ini bukan hal baru, karena sebelumnya pemerintah Indonesia juga pernah memberi bantuan kepada warga negara lain yang menjadi korban konflik.

Salah satunya pengungsi warga Vietnam yang melarikan diri dari kekerasan komunis di Pulau Galang di kawasan Batam.

"Kalau mau berbuat lebih itu seperti saat konflik di Pulau Galang bisa tempati warga Vietnam. Kita menawarkan diri dong agar pengungsi Rohingya ke Indonesia," pungkas Fadli seperti dikutip dari CNN Indonesia.






Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.