Header Ads

Peneliti LIPI: "DKI Ternyata ingin Pemimpin Baru, Indonesia Kelihatannya Juga..."







Terpilihnya Anies Baswedan-Sandiaga Uno sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang baru berpotensi menjadi cerminan pada Pilpres 2019. Jika masyarakat ibukota menginginkan pemimpin baru, hal demikian juga diinginkan masyarakat Indonesia.

Hal itu diungkapkan Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Siti Zuhro.

"Di DKI, ternyata kepengin (pemimpin) yang baru. Nah, Indonesia ini kelihatannya juga akan menginginkan munculnya pemimpin (baru)," kata Siti dalam acara diskusi di kawasan SCBD, Jakarta, Kamis (12/10/2017).

Menurut Siti, sekarang tinggal penantang mencari celah untuk mengalahkan Jokowi. Salah satu caranya, ungkap Siti, dengan mengevaluasi program Jokowi selama lima tahun dan menarasikannya di publik.

"Nah, hasil evaluasinya tadi akan menimbulkan resistensi atau tidak di publik? Menimbulkan preferensi baru atau tidak? Tergantung itu," ujar Siti.





Jika lawan Jokowi jeli menangkap apa yang diabaikan pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla, serta mampu meyakinkan publik bahwa kepemimpinannya lebih baik dari Jokowi, bukan tak mungkin hasil Pilpres 2019 sama seperti Pilkada DKI Jakarta

Lalu siapa sosok yang dijagokan Siti?

Siti tak mau menyebut nama. Ia cuma memberikan beberapa kriteria.

"Jangan cacat integritas intinya. Kalau sudah pernah maling, pernah nyuri, korupsi, melanggar etika, melanggar norma, itu digoreng sudah pasti. Susah," kata Siti seperti ditulis Kompas.



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.