Header Ads

Innalillahi... Kapolda Papua Sebut Ada 10 Ribu hingga 15 Ribu Penderita Gizi Buruk



Kapolda Papua Irjen Boy Rafli Amar merilis angka mencengangkan terkait penderita campak dan gizi buruk di Kabupaten Asmat, Papua. Tercatat ada 10 ribu hingga 15 ribu anak yang bergizi buruk.





"Yang mengalami gizi buruk kalau kemarin ya cukup tinggi, kurang lebih di antara 10 ribu sampai 15 ribu," ujar Boy di Auditorium PTIK, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (24/1/2018).

Seperti ditulis Liputan 6,  Boy mengatakan, ada beberapa sebab memgapa angka gizi buruk sangat tinggi. Pertama, faktor teritorial, di mana akses dari dan menuju tempat tinggal masyarakat cukup jauh dan medannya sulit.

"Sehingga dari aspek perekonomian untuk menjangkau daerah-daerah yang bisa didistribusi oleh pemerintah secara menyeluruh ini terkendala," ujar dia.





Kedua, akses menuju puskesmas dan tempat layanan kesehatan lainnya juga cukup jauh. Ketiga, faktor transportasi dan cuaca yang membuat masyarakat Asmat kesulitan bepergian.

"Andaikan ada sarana transportasi, biaya untuk BBM (bahan bakar minyaknya) bagi mereka cukup mahal. Jadi, ada daerah-daerah yang oleh pemerintah daerah tidak terjangkau," papar Boy.



Diberdayakan oleh Blogger.