Header Ads

Suami Inneke Sebut Empat Politisi DPR Terima Suap


Empat nama politisi di DPR dari partai pendukung pemerintah terjerat suap. Mereka dari PDIP, Golkar, PKB dan NasDem. Keempat politisi itu diduga menerima suap pengadaan proyek satelit monitoring dan drone di Badan Keamanan Laut (Bakamla).

Fakta itu terungkap saat Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi (JPU KPK) membacakan berita acara pemeriksaan (BAP) Direktur Utama PT Merial Esa, Fahmi Darmawansyah dalam persidangan Tipikor Jakarta dengan terdakwa Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Bakamla Nofel Hasan.

Dalam BAP tersebut, Fahmi yang juga suami Inneke Koesherawati itu mengatakan ada pemberian uang sebesar Rp 24 miliar yang dibagikan kepada anggota Fraksi PDI Perjuangan Eva Kusuma Sundari, anggota Fraksi Partai Golkar Fayakhun Andriadi, anggota Fraksi PKB Bertu Merlas, dan anggota Fraksi Partai NasDem Donny Imam Priambodo.

"Iya, itu saya tahu dari Ali Habsyi," ujar Fahmi membenarkan BAP-nya yang dibacakan Jaksa Kiki seperti dikutip Jawapos.

Uang tersebut diberikan Fahmi melalui staf khusus Kepala Bakamla, Ali Fahmi alias Fahmi Habsyi yang merupakan fee sebesar 6 persen, atas anggaran pengadaan satelit monitoring sebesar Rp 400 miliar.

"Saya tahu kedekatan Habsyi dengan Kabakamla. Makanya saya penuhi," lanjut Fahmi yang mengatakan uang tersebut diserahkan di Hotel Ritz Carlton.
Diberdayakan oleh Blogger.