Header Ads

12 Cara agar Anak Semangat Puasa Ramadhan








Umat Islam akan menyambut dengan gembira datangnya bulan Ramadhan. Berbagai persiapan dilakukan untuk mengisi hari-hari di bulan penuh rahmat itu. Termasuk juga mempersiapkan anak-anak atau si kecil yang baru kali pertama berpuasa. Apa dan bagaimana kiat agar anak-anak kita kuat dan semangat berpuasa? Berikut tipsnya atau caranya.

1. Pastikan kondisi si kecil sudah matang dan siap untuk melakukannya baik secara psikis maupun biologis. Perhatikan pula kesehatan si kecil, jadi jangan dipaksakan. Ayah dan Bunda harus bisa menciptakan suasana yang menyenangkan pada saat si kecil puasa. 

2. Ajarkan si kecil tentang makna puasa. Mengapa harus berpuasa dan apa tujuan dan manfaatnya. Bukan dengan cara mendoktrin atau mengintimidasi. Karena cara terbaik untuk mengajarkan anak berpuasa adalah dengan menginspirasinya.   

3. Si kecil diperkenalkan kegiatan Ramadhan seperti sahur bareng, buka bersama, sholat tarawih.  Kita sudah bisa mulai perkenalkan apa itu Ramadhan dan kegiatannya sejak dinisebelum anak mulai belajar puasa.  

4. Beri contoh atau teladan karena  si kecil adalah peniru yang paling ulung. Jadi cara yang paling efektif untuk mengajarinya adalah kita sebagai orang tua dan lingkungan terdekat kita melakukan puasa.  

5. Lakukan step by step atau bertahap. Mengajarkan puasa tidak harus dari sahur sampai maghrib. Tapi kita bisa melakukannya sedikit demi sedikit. Misal  mulai diajarkan puasa dengan cara diajak sahur dan pas di sekolah (jam 7.10 – 10.00), puasa (tidak boleh makan & minum) dan ketika pulang sekolah boleh buka. Setelah si kecil kita anggap siap dan mampu, bisa perpanjang waktu puasanya sampai akhirnya mencapai maghrib.  




6. Siapkan menu sahur yang sehat dan bergizi.


7. Perhatikan pola bermain si kecil. Kadang si kecil lupa kalau mereka sedang puasa sehingga bermain seperti biasa dan mengeluarkan banyak keringat sehingga menyebabkan kekurangan cairan.  

8. Atur jadwal tidur si kecil. Adakalanya si kecil ikut tarawih sampai malam, yang diluar jadwal tidurnya. Kita bisa mengganti waktu tidur malamnya yang berkurang dengan tidur siang yang lebih lama. 

9. Ciptakan suasana yang menyenangkan pada saat puasa. Kita bisa lakukan dengan cara mengajak si kecil memilih menu yang dia sukai pada saat berbuka dan sahur. 

10. Beri motivasi dan semangat si kecil. Puasa ada kalanya banyak godaan dan puasa tidaklah sekedar menahan lapar dan haus tapi juga melatih kesabaran. 

11. Beri reward atau hadiah pada si kecil ketika berhasil melakukan. Hadiah tidak harus diberikan dalam bentuk barang, tapi juga bisa dilakukan dengan pujian. Pemberian hadiah (baik berupa uang atau barang) boleh saja diberikan, namun perlu diingat jangan sampai imbalan tersebut menjadi tujuan anak berpuasa.  Jadi alih-alih anak hanya menginginkan imblan tersebut. Jelaskan kaitannya mengapa kita memberikan imbalan tersebut dengan puasa yang sedang dijalani.

12. Berdoa kepada Allah swt agar si kecil dimudahkan menjalani puasa Ramadhan. 






Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.