Header Ads

Belum Siap Menikah karena Biaya? Ini Ayat yang Diwasiatkan Nabi untuk Dibaca

belum siap menikah
ilustrasi belum siap menikah (Pinterest)

Di zaman Rasulullah, ada seorang laki-laki yang belum siap menikah. Kendalanya, ia belum memiliki biaya untuk menikah.

Mengetahui kendalanya, Rasulullah menyuruhnya untuk membaca beberapa surat dan ayat kursi.

Saat menjelaskan tafsir ayat kursi, Ibnu Katsir mengutip hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad:

Rasulullah pernah bertanya kepada salah seorang lelaki dari kalangan sahabatnya, “Hai Fulan, apakah kamu sudah menikah?” Laki-laki itu menjawab, “Belum, karena aku tidak mempunyai biaya untuk menikah.”

Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam bertanya, “Bukankah kamu telah hafal qul huwallahu ahad (surat Al Ikhlas)?” Lelaki itu menjawab, “Memang benar.” Nabi sallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “seperempat Al Quran.”

“Bukankah kamu telah hafal qulya ayyuhal kaafirun (surat Al Kafirun)?” Laki-laki itu menjawab, “Benar.” Nabi sallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “seperempat Al Quran.”

“Bukankah kamu telah hafal idzaa zulzilati (surat al zalzalah)?” Laki-laki itu menjawab, “Benar.” Nabi sallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “seperempat Al Quran.”

“Bukankah kamu telah hafal idzaa jaa’a nashrullah (surat an nashr)?” Laki-laki itu menjawab, “Benar.” Nabi sallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “seperempat Al Quran.”

“Bukankah kamu telah ayat kursi (Allahu laa ilaha illa huwa)?” Laki-laki itu menjawab, “Benar.” Nabi sallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “seperempat Al Quran.” (HR. Ahmad)

Kita perhatikan, lelaki yang belum siap menikah karena kendala ekonomi tersebut lantas diingatkan Rasulullah dengan surat-surat dan ayat kursi yang masing-masing senilai seperempat Al Quran.

Secara tersirat, Rasulullah menasehatinya agar membaca Surat Al Ikhlas, Surat Al Kafirun, Surat Al Zalzalah, Surat An Nashr, dan ayat kursi.

Dari hadits ini kemudian disimpulkan salah satu keutamaan ayat kursi adalah memudahkan rezeki dan jodoh. Tentu semuanya dengan izin Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Keutamaan dan keajaiban ayat kursi lainnya bisa dibaca di artikel Ayat Kursi

Berikut ini bacaan ayat kursi dan terjemahnya:

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. (QS. Al Baqarah: 255)
Diberdayakan oleh Blogger.