Header Ads

Lawan Hoaks, UKM BKI UWKS Gelar Forum Media Inspiratif

Forum Media Inspiratif UKMBKI UWKS
Forum Media Inspiratif UKMBKI UWKS
Unit Kegiatan Mahasiswa Bidang Kerohanian Islam (UKM BKI) Universitas Wijaya Kusuma Surabaya menggelar Forum Media Inspiratif, Kamis (22/3/2018) siang di ruang Penataran UWKS.

Forum Media Inspiratif merupakan salah satu program kerja Bidang Humas UKM BKI UWKS. Mengambil tajuk “Buka Mata, Buka Hati untuk Media Islam”, Lembaga Dakwah Kampus yang kini diketuai oleh Dwi Bagus utomo mengajak civitas akademika se-Surabaya untuk mengenal media Islam dan mencegah hoaks.

Dalam paparannya, Muchlisin BK memulai dari istilah berita dalam Al Qur’an. Mulai dari an naba’, al khabar, hingga al hadiits. Jumlahnya mencapai 41 ayat dalam Al Qur’an. Ada juga istilah al ‘ifk dalam Al Qur’an yang mengacu pada berita bohong atau hoaks di zaman sekarang.

Setelah itu, ia menerangkan dua ayat tentang jurnalisme Islam. Bagaimana mengambil sumber berita dan menjauhi hoaks dalam Surat An Nisa’ ayat 83 dan Al Hujurat ayat 6. Dua ayat ini dikupas dengan penjelasan dari empat mufassirin yakni Ibnu Katsir, Sayyid Qutb dengan Fi Zilalil Qur’an, Syaikh Wahbah Az Zuhaili dengan Tafsir Al Munir dan Buya Hamka dengan Tafsir Al Azhar.

“Ketika menafsirkan surat Al Hujurat ayat 6, Sayyid Qutb menjelaskan bahwa ayat ini menegaskan pentingnya perujukan sumber berita,” terangnya.

“Allah memfokuskan orang fasik sebab ia dicurigai sumber kebohongan dan agar keraguan tidak menyebar di kalangan umat Islam. Sayyid Qutb juga menyebutkan bahwa secara prinsip hendaklah setiap muslim menjadi sumber berita terpercaya.”

Selesai membahas pondasi jurnalisme dalam Al Qur’an, barulah materi masuk pada teori modern tentang media Islam dan jurnalisme Islam. Dilanjutkan dengan peran media Islam hingga kondisi media Islam di Indonesia yang masih kalah jauh rating dan traffic-nya dibandingkan media umum.

Usai materi, diskusi cukup dinamis dengan sejumlah pertanyaan dari peserta yang bukan hanya berasal dari UWKS, namun ada juga peserta dari kampus lain seperti Unesa dan Untag Surabaya. Sebelum acara berakhir, peserta dihibur dengan performance Nasyid UKM BKI UWKS.
Diberdayakan oleh Blogger.