Header Ads

Lima Keutamaan Sholat Jumat

Keutamaan Sholat Jumat

Sholat Jumat memiliki banyak keutamaan. Berikut ini lima keutamaan sholat Jumat berdasarkan firman Allah dalam Al Quran dan sabda Rasulullah dalam hadits-hadits shahih:

1. Amal Terbaik di Hari Jumat


Bersegera berangkat ke masjid untuk menunaikan Sholat Jumat dan meninggalkan aktifitas duniawi adalah amal terbaik. Meskipun pada saat itu aktifitas duniawi sangat menguntungkan, sholat Jumat jauh lebih baik nilainya di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala sebagaimana firman-Nya:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

“Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui” (QS. Al Jumu’ah: 9)

2. Sholat Jumat adalah Penghapus Dosa


Keutamaan sholat Jumat yang kedua adalah, sholat ini menjadi penghapus dosa antara dua Jumat. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

الصَّلاَةُ الْخَمْسُ وَالْجُمُعَةُ إِلَى الْجُمُعَةِ كَفَّارَةٌ لِمَا بَيْنَهُنَّ مَا لَمْ تُغْشَ الْكَبَائِرُ

“Sholat lima waktu dan Jumat yang satu ke Jumat yang berikutnya dapat menghapuskan dosa di antara keduanya selama tidak dilakukan dosa besar.” (HR. Muslim)

3. Berpahala besar


Sholat Jumat, terutama yang berangkat awal, mengandung pahala besar senilai pahala qurban unta. Keutamaan sholat Jumat ini tergantung waktu berangkat ke masjid apakah di waktu awal atau belakangan.

مَنْ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ غُسْلَ الْجَنَابَةِ ثُمَّ رَاحَ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَدَنَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّانِيَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَقَرَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّالِثَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ كَبْشًا أَقْرَنَ وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الرَّابِعَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ دَجَاجَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الْخَامِسَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَيْضَةً فَإِذَا خَرَجَ الْإِمَامُ حَضَرَتْ الْمَلَائِكَةُ يَسْتَمِعُونَ الذِّكْرَ

“Barangsiapa mandi pada hari Jumat sebagaimana mandi jinabat, lalu berangkat menuju masjid, maka dia seolah berqurban dengan seekor unta. Barangsiapa yang datang pada saat kedua maka dia seolah berqurban dengan seekor sapi. Barangsiapa yang datang pada saat ketiga maka dia seolah berqurban dengan seekor kambing yang bertanduk. Barangsiapa yang datang pada saat keempat maka dia seolah berqurban dengan seekor ayam. Dan barangsiapa yang datang pada sat kelima maka dia seolah berqurban dengan sebutir telur. Dan apabila imam sudah keluar (menyampaikan khutbah), maka para malaikat hadir mendengarkan dzikir (khuthbah tersebut).” (HR. Bukhari dan Muslim)

Baca juga: Niat Sholat Jumat

4. Seperti ibadah setahun


Dalam hadits shahih yang diriwayatkan Imam Tirmidzi, terdapat keutamaan sholat Jumat yang sangat besar. Yakni ketika seseorang sempurna mengerjakan sholat Jumat dan mendengarkan khutbah, langkahnya menuju masjid seperti sholat dan puasa setahun.

مَنْ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَغَسَّلَ ، وَبَكَّرَ وَابْتَكَرَ ، وَدَنَا وَاسْتَمَعَ وَأَنْصَتَ ، كَانَ لَهُ بِكُلِّ خُطْوَةٍ يَخْطُوهَا أَجْرُ سَنَةٍ صِيَامُهَا وَقِيَامُهَا

“Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat lalu ia bergegas pergi (ke masjid), mendapati khutbah mendengar dan memperhatikan, maka setiap langkah kakinya terhitung seperti puasa dan shalat setahun.” (HR. Tirmidzi; shahih)

5. Allah Memberi Taufiq


Orang yang meninggalkan sholat Jumat, Allah akan menutup mata hatinya dan menjadikanya sebagai orang yang lalai. Sebaliknya, orang yang menunaikan sholat Jumat, Allah akan memberinya taufiq dan menjadikan hatinya terbuka menerima kebenaran dan nasihat agama.

لَيَنْتَهِيَنَّ أَقْوَامٌ عَنْ وَدْعِهِمُ الْجُمُعَاتِ أَوْ لَيَخْتِمَنَّ اللَّهُ عَلَى قُلُوبِهِمْ ثُمَّ لَيَكُونُنَّ مِنَ الْغَافِلِينَ

“Hendaklah orang-orang itu menghentikan perbuatan mereka meninggalkan Sholat Jumat, atau kalau tidak, Allah akan menutup mata hati mereka kemudian mereka akan termasuk golongan orang-orang yang lalai” (HR. Muslim, An Nasa’i dan Ahmad)

Pembahasan lengkap mengenai fiqihnya bisa dibaca di artikel: Sholat Jumat

Demikian lima keutamaan Sholat Jumat, semoga semakin menjadikan kita bersungguh-sungguh dengan berangkat tanpa terlambat, mendengar dan memperhatikan khutbah Jumat serta khusyu’ saat sholat Jumat. [Muchlisin BK/Wajada]
Diberdayakan oleh Blogger.