Header Ads

6 Langkah Praktis Menjaga Kesehatan, Islami dan Terbukti

langkah praktis menjaga kesehatan

Ingin hidup sehat dan jauh dari penyakit? Lalukan enam langkah praktis menjaga kesehatan ini. Enam langkah yang islami sekaligus terbukti secara medis.

Enam langkah praktis ini diungkapkan dr R Cahyono, Sp. Naturopathy. Seorang dokter spesialis naturopati yang terkenal dengan manasik kesehatan dan terapi kesehatan holistik.

1. Hindari makan malam

Awalnya mungkin sulit. Ada yang beralasan sulit tidur, kembung, dan lain-lain. Namun kalau sudah dibiasakan, akhirnya akan bisa dan membuat tubuh lebih sehat. Ala bisa karena biasa.

Jika sekali-kali, tentu boleh. Misalnya saat diundang tetangga hajatan.

2. Jangan tidur terlalu malam

Pastikan tidak tidur terlalu malam. Maksimal jam 11 malam harus sudah tidur. Tidur di atas jam 11 malam bisa menyebabkan liver rusak. Padahal liver memiliki 500 fungsi. Jauh lebih banyak daripada jantung yang hanya memiliki satu fungsi. Atau ginjal yang memiliki dua fungsi; absorsi dan filtrasi.

Bolehkah bangun jam 1 atau jam 2 dini hari untuk sholat tahajud? Boleh. Bahkan bagus. Yang penting jam 23.00 – 01.00 tidur pulas.

3. Minum air putih 2 liter sehari

Pastikan setiap hari minum 2 liter air putih dalam sehari. Bagaimana cara minum yang baik? Rasulullah sudah mengajarkan adab minum. Di antaranya sambil duduk, pakai tangan kanan, seteguk demi seteguk, baca basmalah, akhiri dengan alhamdulillah.

Pagi hari minum satu gelas, sebelum Sholat Subuh. Setelah sholat Subuh, minum satu gelas lagi. Sebelum mandi, minum satu gelas air hangat. Agar tubuh tidak terlalu dingin saat terkena air dingin.

Pastikan sebelum Maghrib sudah menghabiskan dua liter air. Bagaimana di waktu malam? Boleh minum seteguk dua teguk, jangan banyak-banyak. Minum satu gelas menjelang tidur justru merusak ginjal.

4. Lakukan puasa secara rutin

Puasa secara rutin terbukti membuat tubuh lebih sehat. Puasa rutin ini bisa dalam bentuk Puasa Senin Kamis, Puasa Ayyamul Bidh atau Puasa Daud.

5. Jauhi penyakit hati

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

أَلاَ وَإِنَّ فِى الْجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ ، وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ . أَلاَ وَهِىَ الْقَلْبُ

“Ingatlah bahwa di dalam jasad itu ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baik pula seluruh jasad. Jika ia rusak, maka rusak pula seluruh jasad. Ketahuilah bahwa ia adalah hati.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Hati di sini bukanlah liver atau jantung, tetapi hati yang maknanya jiwa, perasaan. Maka, orang yang hatinya penuh penyakit seperti iri, dengki dan pemarah, badannya juga tidak sehat.

Baca juga: Bacaan Singkat Sholat Jenazah

6. Periksa sebelum sakit

Lalukan general check up secar rutin minimal setahun sekali. Melakukan pemeriksaan sebelum terlambat adalah saran dokter di seluruh dunia.

Demikian enam langkah praktis menjaga kesehatan yang digali dari sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Keenam langkah itu telah terbukti secara medis. [Wajada]

 

Diberdayakan oleh Blogger.