Header Ads

Presiden Jokowi: Lockdown Seluruh Kota Untuk Apa?

Jokowi lockdown seluruh kota untuk apa

Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro terbukti ampuh jika benar-benar pelaksanaannya baik dan benar.

Menurut Jokowi, usulan karantina wilayah alias lockdown yang disampaikan beberapa pihak bila terjadi kenaikan kasus positif Covid-19 di satu wilayah adalah langkah yang keliru.

"Jika dirasa perlu ini PPKM bisa dilakukan tetapi dalam skala mikro dalam lingkup yang kecil baik itu dalam skala kampung, skala desa, RW atau RT saja. Jangan sampai yang terkena virus satu orang dalam satu RT yang di-lockdown seluruh kota. Jangan sampai misalnya yang terkena virus satu kelurahan yang di-lockdown seluruh kota, untuk apa? Yang sering kita keliru di sini," kata Jokowi dalam pidatonya saat membuka Musyawarah Nasional VI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia di Istana Negara di Jakarta, Kamis (11/2/2021).

Jokowi meminta agar pemerintah dearah terus berkoordinasi aktif dengan aparatur terkait. Koordinasi ini terkait kesiapan tempat isolasi, tempat rawat inap dan pelacakan kontak kasus positif.

PPKM berskala mikro juga dilakukan dengan pertimbangan ekonomi.

"Oleh sebab itu 2 minggu yang lalu saya, kita memang harus bekerja lebih detail lagi. Lockdown skala mikro, mikro lockdown tidak merusak pertumbuhan ekonomi, tidak merusak kegiatan ekonomi masyarakat karena yang kita lockdown adalah dalam skala-skala kelurahan, RW RT," terangnya seperti dikutip Viva.

Ia pun mendorong para kepala daerah menguasai peta zonasi naik-turunnya kasus Covid-19 di daerah masing-masing.

"Wali kota, wakil wali kota harus menggunakan peta zonasi, pemetaan ini secara detail, ngerti betul di mana barang itu ada, sampai di tingkat RT/RW," ujarnya.

Kasus positif virus Corona di Indonesia bertambah sebanyak 8.435 pada Kamis (11/2/2021). Dengan demikian, total kasus Covid-19 yang ditemukan di Indonesia hingga saat ini berjumlah 1.191.990 kasus.

Pasien sembuh bertambah sebanyak 10.145 orang. Sehingga total kasus sembuh dari Corona di Indonesia berjumlah 993.117 orang

Sedangkan kasus pasien Corona yang meninggal dunia hari ini berjumlah 214 orang. Dengan demikian total angka kematian Covid-19 di Indonesia sebanyak 32.381 orang. []

 

Diberdayakan oleh Blogger.