Header Ads

110 TKA China Masuk Indonesia saat Lebaran, DPR: Tak Masuk Akal

TKA China ilustrasi shutterstock

Masuknya ratusan warga negara asing (WNA) asal China menggunakan pesawat carteran pada Lebaran Idulfitri 2021 lalu mendapat sorotan dari Komisi V DPR RI.

Anggota Komisi V DPR RI Irwan Fecho mengatakan masalah itu akan dibahas dalam rapat kerja Komisi V DPR dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada 5 Juni 2021 mendatang.

"Awal Juni nanti ada raker dengan menhub. Pada kesempatan itu kami akan minta klarifikasi kepada Pak Menteri," kata Irwan, Senin (17/5/2021).

Politikus Partai Demokrat itu menegaskan tidak mempersoalkan apakah WNA dengan dalih sebagai tenaga kerja asing (TKA) itu datang menggunakan pesawat carteran atau tidak. Yang menjadi persoalan adalah ratusan TKA China itu masuk Indonesia di hari Lebaran dan di saat rakyat sendiri dilarang mudik.

"Rakyat tahunya bahwa WNA itu juga semestinya dilarang masuk tanah air selama rakyat sendiri dilarang mudik," tandasnya.

Irwan menilai pemerintah telah gagal menghadirkan rasa keadilan bagi rakyatnya sendiri.

"Dengan alasan apa pun itu sulit diterima akal sehat rakyat. Bagaimana ratusan WNA dari China terus berdatangan dengan alasan kerja dan lolos prokes sementara rakyat sendiri dibatasi dan dilarang mudik," pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengecam sikap pemerintah yang membiarkan 110 orang TKA asal China itu masuk ke Indonesia tepat di hari lebaran, Kamis (13/5/2021). []

*Foto: TKA China ilustrasi shutterstock 

Diberdayakan oleh Blogger.