Header Ads

Allahu Akbar... Habib Rizieq dan Si Pitung Ternyata Bersaudara






Tak banyak yang mengetahui jika Habib Rizieq Shihab memiliki hubungan darah dengan Si Pitung. Kedua sosok pemberani itu bersaudara. Hal itu terungkap dari silsilah ayah Habib Rizieq yang bernama Husein Shihab.

Husein Shihab lahir pada 1920-an.
Menurut sejumlah teman almarhum Husein Shihab yang kini kebanyakan berusia di atas 80 tahun, pemimpin Pandu Arab ini pernah bekerja di Rode Kruis (kini Palang Merah Indonesia) pada masa kembalinya Belanda setelah proklamasi kemerdekaan.

Husein, yang saat itu masih berusia 20 tahunan, bekerja di bagian logistik. Di tempat ini dia memiliki hubungan dengan para pejuang kemerdekaan. Dia banyak memberikan makanan dan pakaian untuk para pejuang yang ketika itu bergerilya di Jakarta dan sekitarnya.




Rupanya NICA (tentara Belanda) mencium gerak-gerik itu, karena ada temannnya sendiri yang berkhianat dengan memberikan informasi kepada NICA. Husein Shihab pun ditangkap. Kedua tangannya diikat dan ia diseret dengan kendaraan jip.

Di penjara dia divonis hukuman mati oleh Belanda. Tapi, berkat bantuan Allah, Husein berhasil kabur dari penjara dan melompat ke Kali Malang. Dia selamat, meskipun bagian bokongnya tertembak. Dia sadar setelah sebelumnya mendapat pertolongan dari KH Nur Ali, pejuang Bekasi yang sangat ditakuti NICA.

Ayah Husein Shihab, Habib Muhammad Shihab, memiliki ratusan delman dan memiliki istal kuda di depan RS Pelni. Delman yang bertrayek Tanah Abang ke Kebayoran Lama ini suatu saat diganggu oleh preman yang mengaku anak buah si Pitung, jagoan Betawi yang dibenci Belanda.

Seperti dituturkan Rizieq, kakeknya itu langsung menemui Pitung. Rupanya pertemuan itu justru membuat dua tokoh Betawi tersebut menjadi akrab. Akhirnya, Habib Muhammad dinikahkan dengan keponakan Pitung dari Kebon Nanas, Kebayoran Lama. Dari perkawinan ini lahirlah Husein Shihab, ayah Rizieq. (Wyn/Republika/Wajada)





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.