Header Ads

Try Sutrisno Tuding Amien Rais Pengkhianat Bangsa, Ini Reaksi PAN







Pernyataan Try Sutrisno yang menyebut Amien Rais pengkhianat bangsa mendapat reaksi dari Partai Amanat Nasional. Mereka menyesalkan dan tak menerima tudingan Wakil Presiden keenam itu terkait sepak terjang Amien dalam amandemen UUD 1945 itu.

"Sebagai tokoh nasional, tidak sepantasnya Try Sutrisno menyampaikan hal itu di ruang publik. Apalagi, pernyataan itu tidak jelas arah dan esensinya," tegas Sekretaris Fraksi PAN di MPR Saleh Partaonan Daulay, Ahad (24/9) sebagaimana diberitakan Jawapos.

Try Sutrisno mengaku kesal kepada Amien saat amandemen UUD 1945 di era reformasi. Try pernah mengingatkan Amien bahwa usulan melakukan amandemen UUD 1945 adalah sebuah langkah yang salah.

"Kemarin ada itu, saya tangkap itu, karena itu kita selalu ingatkan Amien Rais waktu amandemen empat kali dan sekarang Amien Rais mengaku salah," kata Try di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (22/9).

Meski sudah diingatkan,  namun Amien masih berupaya menenangkannya. Saat dirinya bertemu dengan Amien di Aula Gatot Soebroto Mabes TNI di akhir tahun 1990an, Ketua Dewan Kehormatan PAN itu menyampaikan kepada Try agar dirinya tak gusar dengan proses amandemen yang dilakukan.





Faktanya, Try hanya menemukan lima kesepakatan dari enam kesepakatan yang sebelumnya dijanjikan Amien Rais akan disertakan dalam amandemen UUD 1945 tersebut.

"NKRI tidak diotak-atik, UUD tetap harus itu, sistem presidensial tetap akan diperkuat, check and balances dipertajam, penjelasan UUD yang objektif akan dijadikan materi dan terakhir ini dilakukan dengan cara adendum," jelas dia.

Kekecewaan Try semakin bertambah karena hasil amandemen tidak dilakukan oleh MPR. Apalagi saat itu Amien merupakan Ketua MPR.

"Tetapi setelah terjadi diketok dan empat kali diamandemen itu, kesepakatan semuanya tidak dijalankan oleh MPR sesuai catatan kita. Kalau kata orang Pak Ali Sadikin lebih keras bicara, pengkhianat bangsa ini Amien Rais," pungkas Try.






Diberdayakan oleh Blogger.