Header Ads

Ini Penjelasan Penerbit tentang Nama Ganjar di Buku PAI

soal ganjar

Penerbit Tiga Serangkai menjelaskan terkait nama ‘Ganjar’ yang ada pada soal di buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 3 SD.

General Manager Tiga Serangkai, Mas Admuawan mengatakan bahwa nama 'Ganjar' dalam buku itu tidak memiliki keterkaitan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Ia menegaskan buku itu pertama kali terbit pada 2009. Menurutnya, kala itu belum ada nama Ganjar yang menjadi Gubernur Jawa Tengah seperti saat ini.

"Jadi nama Ganjar di sini tidak ada kaitannya dengan Pak Gubernur," kata Mas Admuawan.

Lebih jauh ia menambahkan, buku tersebut terus dicetak setiap tahun. Alhasil, nama 'Ganjar' dalam soal pilihan ganda itu masih tercantum hingga cetakan terakhir pada 2020. Pihak penerbit mengatakan tidak pernah mengadakan revisi karena belum ada perubahan kurikulum.

"Karena tidak ada perubahan kurikulum yang signifikan di Pelajaran Agama Islam, kita tidak melakukan revisi," terangnya seperti dikutip CNN Indonesia.

Sebelumnya, sebuah soal pada buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti viral. Pasalnya soal itu mengilustrasikan sosok 'Ganjar' yang banyak rezeki tapi tak pernah bersyukur dan malas shalat.

Buku yang berisi soal pilihan ganda dengan menyebut nama ‘Ganjar’ itu adalah Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 3 SD. Buku itu diterbitkan oleh penerbit Tiga Serangkai, Solo, Jawa Tengah. Nama 'Ganjar' dikait-kaitkan dengan sosok asli yakni Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Ganjar Pranowo pun mengaku kaget mengetahui soal di buku tersebut. Meski demikian, ia menganggapnya sebagai autokritik agar lebih rajin beribadah.

Baca juga: Bela Kwik Kian Gie, Susi Pudjiastuti Langsung Diserang Buzzer

Kendati demikian, Ganjar lantas mencoba mencari tahu siapa penulisnya.

"Saya tahu dapat info itu, ya kaget aja. Saya sih nanti biar dicek teman-teman untuk klarifikasi dulu saja siapa yang nulis, benar tidak, motifnya apa. Biar tidak terjadi keributan," kata Ganjar, Selasa (9/2/2021). []

  

Diberdayakan oleh Blogger.