Header Ads

Presiden Jokowi: Kunci Lapangan Kerja Bukan dari Pemerintah

Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo menyatakan perluasan lapangan kerja secara berkelanjutan hanya bisa dilakukan oleh pelaku usaha, bukan pemerintah. Artinya, kunci dari penyediaan lapangan kerja ada di pengusaha.

"Perluasan lapangan kerja berkelanjutan adalah dari pelaku usaha, dari dunia usaha, kuncinya di situ bukan dari pemerintah," kata Jokowi dalam Perayaan Imlek Nasional Tahun 2021 di Istana Kepresidenan Bogor, Sabtu (20/2/2021).

Pemerintah, menurutnya, hanya bisa menyediakan lapangan usaha sesekali waktu atau tidak berkelanjutan.

Untuk saat ini, Jokowi telah memerintahkan jajaran di bawahnya untuk menjalankan program padat karya agar lapangan kerja terbentuk di masa pandemi covid-19.

"Saya sudah perintahkan seluruh kementerian/lembaga jalankan program padat karya sebanyak-banyaknya agar melalui APBN dan APBD bisa buat peluang kerja sebanyak-banyaknya," tandasnya.

Namun, Jokowi menyebut yang dibutuhkan masyarakat adalah ketersediaan lapangan usaha yang berkelanjutan. Hal itu hanya bisa dilakukan oleh pelaku usaha.

Hanya saja, saat ini dunia usaha sedang terpukul karena pandemi Covid-19. Bahkan sebagian perusahaan memotong gaji, merumahkan karyawan, hingga melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).

Untuk itu, sambung Jokowi, pemerintah sedang berusaha keras untuk memulihkan ekonomi dalam negeri. Salah satunya dengan membangkitkan lagi sektor UMKM dan perusahaan besar.

Baca juga: Kesal Dimaki Buzzer, Akhirnya Tere Liye Posting Begini

"Berikan prioritas pemerintah untuk belanja produk-produk dalam negeri dan membangun ekosistem yang baru untuk kebangkitan usaha-usaha besar," terangnya seperti dikutip CNN Indonesia. []

 

Diberdayakan oleh Blogger.