Header Ads

Megawati Minta Kader PDIP Belajar dari Kodok

Megawati

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri minta kader PDIP dalam berpolitik untuk belajar dari kodok. Ia juga meminta kader PDIP belajar dari kunang-kunang dan kupu-kupu sebagai bagian belajar dari alam.

"Misalnya, dari kunang-kunang, kodok dan kupu-kupu," kata Megawati saat peluncuran buku 'Merawat Pertiwi, Jalan Megawati Soekarnoputri Melestarikan Alam', di kantor pusat PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta, Rabu (24/3/2021).

Megawati mengaku mempelajari dan pernah bersentuhan dengan ketiga binatang itu.

"Jadi satu, kunang-kunang, adalah penyaring udara. Jadi kunang-kunang itu takkan mungkin hidup kalau udara tak bersih. Coba saja kalau tak percaya," kata Megawati.

Daur hidup kunang-kunang, ketika telurnya masuk ke tanah, maka akan muncul ke atas permukaan setelah sekitar dua tahun. Artinya, menurut Megawati, kunang-kunang itu harus hidup prihatin selama dua tahun ngumpet di dalam tanah.

"Dan tugasnya hanya kira-kira 2 mingguan untuk reproduksi, supaya alam ini bisa dideteksi hawanya bagus apa tidak. Itu kunang-kunang," lanjutnya.

Yang kedua adalah kodok. Presiden kelima RI itu menjelaskan, kodok akan memakan serangga dan nyamuk.

Maka tanpa perlu racun serangga, cukup dengan memelihara kodok, serangga berbahaya tertentu seperti nyamuk tidak akan mengganggu.

"Tak usah disemprot. Kodok itu adalah petugas semprot alam. Pelihara saja kodok banyak. Jentik akan dimakan kodok. Ketika mulai jadi nyamuk, akan dimakan kodok," terangnya.

Baca: Megawati: Risma Jadi Kurus dan Sering Nangis Sejak Jadi Mensos

Yang ketiga adalah kupu-kupu, yang datang dari ulat dan kepompong. Ia akan menjadi kupu-kupu yang indah. Lalu akan bekerja menghisap serbuk sari bunga maupun madu serta menyebarkan telurnya demi memberikan makan untuk makhluk lain.

"Semuanya itu hanya binatang. Tapi filosofinya sangat tinggi. Karena diperintah oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Kita ini, dikasih pikiran, malah jadi penjahat. Mereka hatinya suci, hanya untuk melaksanakan tugas Yang Di Atas. Jadi pada eling ya," tandasnya. []

Diberdayakan oleh Blogger.