Header Ads

Jokowi: Semua Menjerit Minta PPKM Darurat Dibuka

jokowi

Presiden Joko Widodo mengatakan telah mendengar langsung keluhan masyarakat yang ingin pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat dibuka. Hal itu ia dapatkan saat blusukan ke sejumlah daerah.

"Saya sudah masuk kampung, saya masuk ke daerah semuanya menjerit untuk dibuka," kata Presiden Jokowi saat memberikan bantuan kepada pelaku usaha mikro dan kecil yang disiarkan secara virtual dari halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (30/7/2021).

Kondisi ini yang membuat Jokowi enggan menerapkan sistem lockdown sebagai upaya penanganan Covid-19. Dia khawatir lockdown akan berdampak lebih buruk bagi masyarakat.

"Kalau lockdown bisa kita bayangkan, dan belum juga bisa menjamin dengan lockdown permasalahan bisa selesai," tandasnya.

Lebih jauh Jokowi mengatakan, PPKM darurat berhasil menurunkan kasus Covid-19 di Jawa dan Bali. Namun, peningkatan kasus Covid-19 terjadi di luar Pulau Jawa akibat munculnya varian Delta.

Pemerintah menerapkan PPKM Darurat pada 3-20 Juli 2021. Kebijakan ini dilanjutkan dengan beberapa pelonggaran melalui PPKM level 4 dari 21-25 Juli dan diperpanjang hingga 2 Agustus 2021.

Awal Juli lalu, angka kematian akibat Covid-19 meningkat hingga sempat menyentuh rekor tertinggi 2.069 kasus kematian pada 27 Juli 2021. Banyaknya kasus kematian itu juga terasa di masyarakat dengan banyaknya pengumuman berita duka melalui pengeras suara masjid dan sholat jenazah. []

Diberdayakan oleh Blogger.