Header Ads

Presiden Jokowi: Yang Bertindak sebagai Muazin adalah Anggota Paspampres

Jokowi shalat idul adha muazin

Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa dirinya melaksanakan shalat Iduladha di halaman Istana Kepresidenan Bogor dengan jamaah terbatas. Ia juga mengatakan, yang bertindak sebagai muazin, imam, dan khatib adalah anggota Paspampres.

“Saya melaksanakan salat Iduladha pagi ini di halaman Istana Kepresidenan Bogor dengan jamaah terbatas. Yang bertindak sebagai muazin, imam, dan khatib adalah anggota Paspampres,” kata Presiden Jokowi melalui fan page Facebook-nya, Selasa (20/7/2021).

Rupanya tulisan itu menarik perhatian banyak warganet. Mereka merasa aneh jika pada shalat Iduladha ada muazin.

“Ya ampun pak. Sholat Id kok pake muadzin,” kata Abdurrahman Abu Azka.

“Sejak kapan sholat ied ada muazin nya??” kata Afif Muhammad.

“Mohon maaf pakdhe, kalau sholat idul adha tidak ada muazin alias petugas azan, karena memang tidak ada azan. Terima kasih. Mohon maaf lahir dan bathin pakdhe,” kata Muzakkir Baim.

Ada juga yang kemudian meluruskan istilah muazin pada shalat idul adha.

“Mohon maaf bapak presiden, sedikit meluruskan. Yang benar adalah muroqi bukan muazin. Muroqi adalah orang yang mengingatkan jamaah untuk melaksanakan shalat Id. Muazin adalah orang yang mengumandangkan azan. Terima kasih, Bapak Presiden,” kata H.d. Gumilang.

Namun ada juga yang membenarkan istilah tersebut. Karena menurutnya, muazin tidak hanya berarti orang yang adzan tetapi juga orang yang memberikan aba-aba untuk shalat ied atau shalat tarawih. Istilah lain di masyarakat adalah Bilal. []

 

 

Diberdayakan oleh Blogger.