Header Ads

Skenario Terburuk Jika Kasus Covid 50 Ribu Lebih, Luhut: Minta Tolong Pihak Lain

luhut

Koordinator PPKM darurat Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, pemerintah telah menyiapkan skenario kasus terburuk penanganan Covid di Indonesia. Skenario ini diterapkan jika tambahan kasus per hari lebih dari 50 ribu.

"Sekarang kami sudah buat skenario gimana kalau kasus ini 40 ribu. Jadi kita sudah hitung worst-case scenario, lebih dari 40 ribu. Bagaimana tadi suplai oksigen, bagaimana suplai obat, bagaimana suplai rumah sakit, semua sudah kami hitung," kata Luhut dalam jumpa pers virtual, Senin (6/7/2021).

Luhut mencontohkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sudah menyiapkan ruang ICU darurat di Asrama Haji Pondok Gede yang bisa menampung sekitar 800 pasien.

Luhut menyebut TNI-Polri juga sudah menggelar rumah sakit-rumah sakit darurat di Jakarta ataupun nanti di Surabaya.

"Jadi semua kekuatan saya kira kita kerahkan, jadi jangan ada yang menganggap underestimate bahwa Indonesia tidak bisa mengatasi masalah. Sampai hari ini ya," lanjutnya.

Meski demikian, Luhut tak menutup mata meminta bantuan pihak lain dalam skema skenario kasus terburuk, jika angka pertambahan lebih dari 50 ribu.

"Tapi kalau kasus ini lebih nanti daripada 40 ribu, 50 ribu, kita tentu akan membuat skenario siapa yang akan kita nanti minta tolong dan sudah mulai kita kerucut itu semua," ujar Luhut.

Selain pertambahan kasus positif, satu pekan terakhir ini jumlah angka kematian juga meningkat. Selain bisa kita lihat datanya, masyarakat juga merasakan melalui banyaknya pengumuman kabar duka di masjid dan sholat jenazah. []

Diberdayakan oleh Blogger.