Header Ads

10 Kiat Mencegah Katarak

kiat mencegah katarak

Jangan sepelekan katarak. Ia merupakan penyebab kebutaan nomor satu di Indonesia. Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan Indonesia (2018) menunjukkan, 34,47 persen penduduk yang menderita katarak mengalami kebutaan.

Apa Itu Katarak

Katarak adalah kekeruhan pada lensa mata sehingga membuat penglihatan menjadi buram atau kabur. Jika dibiarkan, katarak yang parah bisa mengakibatkan kebutaan, tidak bisa melihat sama sekali.

Berbeda dengan kelainan refraksi (misalnya miopia) yang bisa dikoreksi dengan kacamata, katarak hanya bisa disembuhkan dengan operasi. Tentu kelainan refraksi juga bisa dikoreksi permanen dengan operasi agar terbebas dari kacamata. Operasi Lasik, istilahnya.

Oleh karena itu, ketika Anda mengalami penglihatan kabur akibat katarak, kacamata tercanggih sekalipun tidak akan bisa membuat penglihatan menjadi jelas. Sebab masalahnya adalah lensa mata yang keruh. Bukan kelengkungan kornea yang bisa dikoreksi dengan kacamata atau lensa kontak. Solusi penyakit katarak adalah ganti lensa mata dengan yang jernih. Yakni dengan prosedur operasi katarak.

Bagaimana dengan obat herbal seperti banyak beredar di internet? Hingga saat ini belum ada bukti ilmiah katarak bisa sembuh dengan obat atau ramuan herbal. Namun pencegahan bisa dilakukan agar tidak terserang penyakit penyebab kebutaan nomor satu ini.

10 Kiat Mencegah Katarak

Katarak dipengaruhi oleh faktor usia. Semakin tua usia seseorang, risiko terkena katarak semakin besar.

Kabar baiknya, katarak sebenarnya bisa dicegah sedini mungkin. Yaitu dengan menjaga pola dan gaya hidup masing-masing. Berikut ini 10 kiat mencegah katarak yang bisa Anda praktikkan.

  1. Rutin memeriksakan mata ke dokter mata, khususnya bagi yang memiliki faktor risiko katarak.
  2. Melindungi mata dari benda asing dan benturan.
  3. Melindungi mata dari paparan cahaya matahari yang terlalu lama. Gunakan kacamata yang melindungi mata dari sinar ultraviolet baik UVA dan UVB jika beraktifitas dengan paparan sinar matahari dalam kurun waktu lama.
  4. Menjaga kadar gula darah agar tetap normal, khususnya jika Anda mengidap diabetes melitus.
  5. Hindari menyetir di malam hari.
  6. Pastikan pencahayaan di rumah dalam kondisi baik, tidak terlalu gelap dan tidak terlalu terang.
  7. Menggunakan kacamata saat membaca, khususnya bagi yang mengalami kelainan refraksi.
  8. Kurangi beban kerja mata, khususnya saat berada di depan layar monitor.
  9. Kurangi menatap layar HP terlalu lama yang membuat mata berakomodasi lebih keras
  10. Olahraga teratur. 

Demikian 10 kiat mencegah katarak. Semoga kita semua terbebas dari penyakit penyebab kebutaan pertama di Indonesia ini. [Wajada]

 

 

Diberdayakan oleh Blogger.