Header Ads

Sukmawati: Jangan Jadi Mayoritas yang Angkuh Kemudian Tidak Toleran

sukmawati

 

Sukmawati Soekarnoputri resmi masuk Hindu setelah menjalankan prosesi upacara Sudhi Wadani di Singaraja, Bali, Selasa (26/10/2021).

Usai menjalani ritual Sudhi Wadani, Sukmawati berbicara panjang lebar mengenai keragaman umat beragama di Indonesia. Di antaranya ia berpesan agar mayoritas di Indonesia tidak menjadi pemeluk agama yang angkuh.

“Memang Indonesia itu beragam, bertoleransi dengan baik. Jangan mayoritas itu menjadi mayoritas yang angkuh, kemudian tidak toleransi dengan minoritas,” kata Sumawati dikutip Populis.id, Rabu (27/10/2021).

Baca juga: Sukmawati: Cara Sembahyang Hindu Lebih Meresap diJiwa

Putri pertama Presiden Soekarno itu menegaskan, toleransi antar umat beragama merupakan salah satu kekuataan yang dimiliki bangsa Indonesia. Untuk itu kerukukan umat beragama harus tetap dijaga.

“Tapi harus memiliki toleransi yang baik, karena kita berbangsa satu saudara di seluruh kepulauan Indonesia. Jadi, itu yang selalu ditanamkan Bung Karno,” ujarnya.

Baca juga: Pindah Agama, Sukmawati: Perjalanan Kembali keAgama Leluhur

Terkait keputusannya pindah agama yang ramai disorot, Sukmawati mengaku tak mau ambil pusing. Masalah keyakinan, menurutnya, merupakan pilihan masing-masing individu. []

Diberdayakan oleh Blogger.