Header Ads

MUI: Farid Okbah Ulama yang Anti-Kekerasan, Mengapa Ditangkap?

farid okbah


Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas angkat suara menanggapi penangkapan Ustaz Farid Okbah. Menurutnya, Farid Okbah adalah ulama yang anti-kekerasan. Karenanya ia meminta Densus 88 untuk menjelaskan kepada publik.

"Kita meminta Densus 88 agar bisa menjelaskan hal ini sejelas-jelasnya kepada publik. Sebab kita juga berkepentingan dengan menjaga nama baik presiden," kata Anwar Abbas, dalam keterangan resminya, Selasa (16/11/2021).

Ia mengaku terkejut dengan berita penangkapan tersebut. Pasalnya, ia mengenal Farid Okbah sebagai ulama yang anti-kekerasan.

"Pertanyaan saya tindakan apa yang telah dilakukan oleh Farid Okbah yang terkait dengan terorisme? Sebab sepanjang pengetahuan saya yang bersangkutan adalah ulama yang anti kekerasan. Tapi kok dia ditangkap oleh Densus 88?" tanya Anwar.

Sebelumnya, Farid Okbah ditangkap Densus 88 di rumahnya di daerah Bekasi, Jawa Barat, Selasa (16/11) pagi. Kabar penangkapan itu dibenarkan oleh Tim Pengacara Muslim (TPM) Achmad Michdan yang kerap memberikan advokasi terhadap kasus-kasus terorisme.

Baca juga: Densus 88 Tangkap Ustadz Ahmad Farid Okbah

Selain menangkap Ketua Umum Partai Dakwah Rakyat Indonesia (PDRI) Ustaz Farid Okbah, Densus 88 Antiteror juga menangkap Ustadz Ahmad Zain An Najah. Kabar penangkapan itu dibenarkan Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan.

"Ya, benar. Keduanya," kata Ramadhan, Selasa (16/11/2021).

Ustadz Ahmad Zain An Najah adalah anggota Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat.

Baca juga: Anggota Komisi Fatwa MUI Ini Juga Ditangkap

Ramadhan mengatakan Farid Okbah dan Ahmad Zain ditangkap hari ini. Namun ia belum menjelaskan detail kronologi penangkapan.

"Hari ini, itu dulu ya," lanjutnya. [Wajada]


Diberdayakan oleh Blogger.