Header Ads

Niat Puasa Asyura Pagi Hari, Sahkah Puasanya?

niat puasa asyura pagi hari


Jika malamnya lupa atau tidak sempat berniat karena bangunnya kesiangan, bolehkah niat puasa asyura di pagi hari? Sahkah puasanya?

Puasa asyura merupakan puasa sunnah muakkadah yang keutamaannya luar biasa. Sayang sekali jika kita melewatkannya.

Keutamaan Puasa Asyura

Berikut ini keutamaan puasa asyura bersumber dari hadits-hadits Nabi:

1. Puasa Paling Utama

Puasa asyura merupakan puasa sunnah pada bulan Muharram. Rasulullah mensabdakan, puasa di bulan Muharram merupakan puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan.

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ

Puasa paling utama setelah Ramadhan adalah (puasa bulan) Muharram dan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam. (HR. Muslim)

2. Nabi Sangat Mengutamakan

Puasa asyura merupakan puasa yang Rasulullah utamakan dan istimewakan. Ibnu Abbas menerangkan, tidak ada puasa sunnah yang lebih Rasulullah utamakan melebihi puasa asyura.

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ – رضى الله عنهما – قَالَ مَا رَأَيْتُ النَّبِىَّ – صلى الله عليه وسلم – يَتَحَرَّى صِيَامَ يَوْمٍ فَضَّلَهُ عَلَى غَيْرِهِ ، إِلاَّ هَذَا الْيَوْمَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ وَهَذَا الشَّهْرَ . يَعْنِى شَهْرَ رَمَضَانَ

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu anhu ia berkata, saya tidak pernah melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memperhatikan puasa satu hari yang diutamakannya atas yang lainnya selain hari ini, hari asyura dan bulan Ramadhan. (HR. Bukhari)

3. Menghapus dosa setahun sebelumnya

Puasa asyura dapat menghapus dosa satu tahun sebelumnya. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

سُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ

Rasulullah ditanya tentang puasa asyura, beliau menjawab, “dapat menghapus dosa setahun sebelumnya.” (HR. Muslim)

Baca juga: Puasa Senin Kamis

Niat Puasa Asyura di Pagi Hari

Ibadah tidak sah tanpa adanya niat. Sebagian ulama menyebut niat adalah syarat sahnya puasa, sedangkan ulama lain memasukkannya sebagai rukun. Namun intinya sama, harus ada niat.

Tidak seperti niat puasa wajib yang niatnya harus dilakukan sebelum terbit fajar, niat puasa sunnah –termasuk puasa asyura- boleh dilakukan di pagi hari. Misalnya seseorang yang lupa tidak berniat di malam harinya atau seseorang yang bangunnya kesiangan. Ia boleh niat puasa asyura pada pagi hari asalkan belum makan apa-apa dan tidak melakukan apapun yang dapat membatalkan puasa.

Rasulullah pernah puasa sunnah dengan niat di waktu pagi seperti pada hadits berikut ini:

عَنْ عَائِشَةَ أُمِّ الْمُؤْمِنِينَ قَالَتْ دَخَلَ عَلَىَّ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- ذَاتَ يَوْمٍ فَقَالَ هَلْ عِنْدَكُمْ شَىْءٌ. فَقُلْنَا لاَ. قَالَ فَإِنِّى إِذًا صَائِمٌ. ثُمَّ أَتَانَا يَوْمًا آخَرَ فَقُلْنَا يَا رَسُولَ اللَّهِ أُهْدِىَ لَنَا حَيْسٌ. فَقَالَ أَرِينِيهِ فَلَقَدْ أَصْبَحْتُ صَائِمًا . فَأَكَلَ

 Dari Aisyah Ummul Mukminin, ia berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menemuiku pada suatu hari lantas beliau bertanya, “Apakah kalian memiliki sesuatu untuk dimakan?” Kami pun menjawab, “Tidak ada.” Beliau pun bersabda, “Kalau begitu saya puasa.” Kemudian di hari lain beliau menemui kami, lalu kami katakan pada beliau, “Kami baru saja dihadiahkan hays (jenis makanan berisi campuran kurman, samin dan tepung).” Lantas beliau bersabda, “Berikan makanan tersebut padaku, padahal tadi pagi aku sudah berniat puasa.” Lalu beliau menyantap makanan tersebut. (HR. Muslim)

Baca juga: Niat Puasa Arafah Pagi Hari

Apakah perlu melafalkan niat ini atau tidak dan bagaimana lafalnya? Bisa dibaca lebih detail di artikel Niat Puasa Asyura. Wallahu a’lam bish shwab. [Muchlisin BK/Wajada]

 

Diberdayakan oleh Blogger.