Header Ads

Menakjubkan! Tentang Awan Gelombang Tsunami, Baca Ayat Ini

ayat awan gelombang tsunami

Gumpalan awan berbentuk gelombang tsunami terlihat di langit Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalbar, Kamis (28/1/2021) sore. Foto fenomena alam langka itu pun viral.

Dalam foto yang beredar, tampak awan menggumpal membentuk ombak raksasa laksana tsunami. Menyajikan pemandangan menakjubkan sekaligus ngeri.

Kepala Stasiun Meteorologi Supadio Pontianak, Nanang Buchori, mengatakan secara ilmiah dalam dunia meteorologi, fenomena tersebut disebut awan Arcus.

Kepala Sub Bidang Cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Agie Wulanda Putra, menjelaskan awan Arcus terbentuk dari kombinasi beberapa jenis awan, yakni awan cumulonimbus, awan rendah stratus, dan awan menengah dan tinggi.

“Awan tsunami merupakan dua fenomena kombinasi antara cumulonimbus dan roll cloud atau jenis awan lain yang terlihat seperti gelombang,” terangnya.

Awan tsunami tidak akan memicu gempa atau tsunami asli, tapi memang berpotensi menimbulkan hujan lebat dan angin kencang. Awan ini sejatinya tidak berbahaya, kecuali bagi pesawat yang melewatinya.

Dalam Al Qur’an, Surat An Nur ayat 43, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

أَلَمْ تَرَ أَنَّ اللَّهَ يُزْجِي سَحَابًا ثُمَّ يُؤَلِّفُ بَيْنَهُ ثُمَّ يَجْعَلُهُ رُكَامًا فَتَرَى الْوَدْقَ يَخْرُجُ مِنْ خِلَالِهِ وَيُنَزِّلُ مِنَ السَّمَاءِ مِنْ جِبَالٍ فِيهَا مِنْ بَرَدٍ فَيُصِيبُ بِهِ مَنْ يَشَاءُ وَيَصْرِفُهُ عَنْ مَنْ يَشَاءُ يَكَادُ سَنَا بَرْقِهِ يَذْهَبُ بِالْأَبْصَارِ

Tidaklah kamu melihat bahwa Allah mengarak awan, kemudian mengumpulkan antara (bagian-bagian)nya, kemudian menjadikannya bertindih-tindih, maka kelihatanlah olehmu hujan keluar dari celah-celahnya dan Allah (juga) menurunkan (butiran-butiran) es dari langit, (yaitu) dari (gumpalan-gumpalan awan seperti) gunung-gunung, maka ditimpakan-Nya (butiran-butiran) es itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan dipalingkan-Nya dari siapa yang dikehendaki-Nya. Kilauan kilat awan itu hampir-hampir menghilangkan penglihatan. (QS. An Nur: 43)

Baca juga: Ayat Kursi

Inilah jenis awan yang ditakuti oleh pilot. Bertindih-tindih disertai kilat. Sebagian ulama kontemporer memaknai awan dalam ayat ini sebagai awan cumulonimbus. Awan yang kombinasinya membentuk awan Arcus atau awan gelombang tsunami. []

 

Diberdayakan oleh Blogger.