Header Ads

PKB: Anies Terancam, Risma Hampir Pasti Gubernur DKI Mendatang

Risma vs Anies

Nama Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menduduki peringkat kedua dalam survei terbaru calon Gubernur DKI Jakarta dengan 16,5 persen. Meskipun Anies Baswedan masih di posisi teratas dengan 40,5 persen, PKB menilai posisi Anies sangat terancam.

"(Anies) sangat terancam," kata Ketua DPP PKB Faisol Riza kepada awak media, Kamis (18/2/2021).

Pilgub DKI Jakarta yang tidak digelar pada 2022 tetapi pada 2024 membuatnya yakin bahwa Risma akan menjadi Gubernur DKI berikutnya.

"Hampir pasti Gubernur DKI mendatang Risma. Sekarang yang diperebutkan adalah wagub," ujarnya.

Menurut Faisol, masa jabatan Anies akan berakhir pada 2022, sedangkan Risma sebagai menteri akan terus tampil hingga menjelang Pilgub mendatang.

"Pak Anies selesai 2022, panggung politiknya berkurang. Sementara Bu Risma masih menteri sampai 2023. Setahun akan berubah banyak," tandasnya.

Hasil survei terbaru lembaga survei Median menunjukkan Risma berada urutan kedua setelah Anies Baswedan terkait Pilgub DKI Jakarta.

Baca juga: Kesal Dimaki Buzzer, Akhirnya Tere Liye Posting Begini

Survei itu digelar pada 31 Januari-3 Februari 2021 dengan 400 responden dari populasi warga DKI Jakarta yang memiliki hak pilih. Survei menggunakan teknik multistage random sampling dengan wawancara tatap muka dan menjalankan protokol kesehatan. Margin of error survei tersebut +/- 4,9%, dengan tingkat kepercayaan 95%.

Hasilnya, Anies Baswedan masih memuncaki perolehan dengan 40,5 persen. Di urutan kedua Tri Rismaharini dengan 16,5 persen. Urutan ketiga ditempati Basuki Tjahja Purnama (Ahok) dengan 8,5 persen. Dan keempat adalah Sandiaga Uno dengan 3,0 persen. []

 

Diberdayakan oleh Blogger.