Header Ads

Bank Dunia: Indonesia Turun Kelas Jadi Negara Menengah Bawah

bank dunia indonesia turun kelas

Bank Dunia menempatkan Indonesia sebagai negara kelas menengah bawah atau lower middle income. Penurunan peringkat itu terpublikasikan per 1 Juli 2021. Sebelumnya, Indonesia sudah menjadi negara berpendapatan menengah atas.

Assessment terkini dari Bank Dunia mencatat gross national income (GNI) per kapita Indonesia pada 2020 turun menjadi 3.870 dolar AS. Pada tahun lalu, Indonesia berada level atas negara berpendapatan menengah atas dengan GNI atau pendapatan nasional bruto sebesar 4.050 dolar AS per kapita.

“Indonesia saat ini sejajar dengan Belize, Iran, dan Samoa. Sedangkan Panama, Mauritius dan Romania juga mengalami turun peringkat dari negara high class menjadi negara upper middle income atau negara berpendapatan menengah atas,” tulis laporan Bank Dunia.

Bank Dunia mengungkapkan Indonesia, Mauritius, Rumania, dan Samoa sangat dekat dengan ambang batas klasifikasi pada tahun 2019. Semuanya mengalami penurunan Atlas GNI per kapita akibat Covid-19, yang mengakibatkan klasifikasi lebih rendah pada 2020. []

Diberdayakan oleh Blogger.