Header Ads

Sri Mulyani: Utang adalah Instrumen untuk Selamatkan Warga dan Ekonomi

sri mulyani

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjawab mengapa Indonesia menambah utang. Menurutnya, utang adalah instrumen untuk menyelamatkan warga dan ekonomi.

"Kenapa kita harus menambah utang? Seolah menambah utang menjadi tujuan. Padahal dia adalah instrumen whatever it takes untuk menyelamatkan warga negara dan perekonomian kita," kata Sri Mulyani dalam sebuah acara bedah buku, Sabtu (24/7/ 2021).

Menurutnya, pandemi Covid-19 adalah tantangan yang luar biasa. Pandemi tidak hanya mengancam jiwa manusia, namun juga mampu mengoyak perekonomian suatu negara.

"Itu membutuhkan respon kebijakan yang extraordinary. Salah satunya APBN yang harus menjawab begitu banyak tantangan di masa pandemi ini," tambahnya.

Tantangan itu antara lain kebutuhan meningkatkan anggaran di bidang kesehatan, bansos membantu masyarakat, membantu daerah, dan menjaga perekenomian.

"Kemenkeu merespons dengan whatever it takes. Apapun kita lakukan untuk menyelamatkan warga negara dan perekonomian Indonesia. Itu berimplikasi kepada defisit APBN," terangnya. []

Diberdayakan oleh Blogger.