Header Ads

Mensos: Pemerintah Tidak Bisa Terus Menerus Memberikan Bansos!

mensos risma

Menteri Sosial Tri Rismaharini menyatakan pemerintah tidak bisa terus-menerus memberikan bantuan sosial ke masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Sebab, uang pemerintah ada batasnya.

"Bantuan yang bapak ibu terima untuk meringankan beban karena pembatasan aktivitas. Tapi tidak bisa terus-menerus. Karena pemerintah memiliki keterbatasan," kata Risma saat menyaksikan penyaluran bantuan sosial di Kantor Pos Kota Tuban, Jawa Timur seperti dikutip Senin (26/7/2021).

Menurut Risma, saat ini pemerintah masih bisa memberikan bantuan sosial kepada masyarakat terutama selama kebijakan PPKM. Namun, hal itu tidak bisa terus-menerus dilanjutkan di masa mendatang.

Oleh karena itu, ia meminta masyarakat untuk ikut bisa membantu pemerintah menurunkan angka penyebaran Covid-19 di Indonesia. Di antaranya dengan menerapkan  protokol kesehatan.

"Kalau kita tidak mematuhi protokol kesehatan, maka virus ini akan terus bermutasi. Kita tidak selesai-selesai. Kita tidak bisa menggerakkan ekonomi," lanjutnya.

Lebih jauh ia mengatakan, bantuan sosial terutama beras yang pemerintah berikan memang tidak akan cukup untuk makan per bulan. Sebab, beras yang diberikan hanya 5kg per keluarga per bulan.

Ia menjelaskan, tujuan bantuan sosial itu hanya meringankan sebagian bebab masyarakat sesuai kemampuan negara. []

Diberdayakan oleh Blogger.