Header Ads

Roy Suryo: Video Menag Bandingkan Suara Adzan dengan Gonggongan Anjing Asli

Menag Yaqut

 

Pakar telematika KRMT Roy Suryo sempat mengira berita tentang Menteri Agama Yaqut Qoumas yang membandingkan suara adzan dengan gonggongan anjing hanyalah judul-judul click bait. Namun, setelah meneliti videonya, Roy Suryo menyimpulkan video tersebut asli.

“Tadinya sempat saya kira ini hanya "clickbait" media (utk mendapat perhatian saja). Namun ketika media sekelas Detik, Tribun, Liputan 6-pun menuliskan hal yg sama, Apakah layak suara Muadzin -yg mengumandangkan Adzan, panggilan Sholat- dibandingkan dgn Gonggongan Anjing? AMBYAR,” kata Roy Suryo melalui akun Twitter @KRMTRoySuryo2, Rabu (23/2/2022) malam.

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga itu pun kemudian mengunggah video tersebut.

“Maaf karena ada Permintaan Video ASLI tsb ditulis NARASI-nya, maka saya Posting Video berikut Caption Narasi tsb (yg secara jelas memuat kata2 ANJING, MENGGONGGONG dsb),” twitnya sembari mengunggah video pernyataan Menag Yaqut.

Sebelumnya, sejumlah ulama keberatan dengan pernyataan Menteri Agama Yaqut Qoumas yang membandingkan suara adzan dengan gonggongan anjing. Di antaranya, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Cholil Nafis yang menanggapi secara terbuka di Twitter.

Baca juga: Menag Yaqut Bandingkan Suara Adzan dengan Gonggongan Anjing, Ketua MUI Ngelus Dada

"Ya Allah… ya Allah .. ya Allah. Kadang malas berkomentar soal membandingkan sesuatu yang suci dan baik dengan suara hewan najis mughallazhah. Karena itu bukan soal kinerja tapi soal kepantasan di ruang publik oleh pejabat publik," kata Kiai Cholil melalui akun Twitter @cholilnafis, Rabu (23/2/2022) malam.

Imam Besar Masjid New York, AS Shamsi Ali juga mengingatkan pernyataan kontroversial menteri dari PKB tersebut.

"Gus Menteri, semoga ini salah komunikasi/salah memberi contoh saja. Pejabat pastinya tahu mengkomunikasikan masalah secara benar dan proporsional. Apalagi kaitannya agama, tahu sendiri bisa sensitif. Suara azan dan sholawat itu indah dan penuh makna. Tidak pantas dicontohkan suara anjing," tandasnya melalui akun Twitter @ShamsiAli2. []

Diberdayakan oleh Blogger.