Header Ads

Mantan Waketum PBNU: Abu Janda Penyusup, GP Ansor Sudah Saya Ingatkan

Asad Said Ali

Wakil Ketua Umum PBNU periode 2010-2015, As’ad Said Ali, angkat bicara soal Permadi Arya alias Abu Janda yang pekan ini dilaporkan ke Bareskrim Polri. Ia mengatakan sudah pernah mengingatkan pimpinan GP Ansor terkait sosok kontroversial itu.   

“Beberapa tahun yang lalu, selaku Ketua Dewan Penasehat Anshor, saya merpertanyakan kepada pimpinan GP ANSHOR tentang Abu Janda, setelah dia bicara ngawur tentang NU di tivi. Kesimpulan saya dia penyusup ke dalam Anshor/NU, sehingga perlu ditelusuri kenapa bisa ikut pendidikan kader Anshor/Banser,” kata As’ad Ali melalui akun Facebook pribadinya, Sabtu (30/1/2021).

Setelah dicek, ternyata tidak ada rekomendasi dari Cabang atau Wilayah Anshor/Banser sesuai dengan persyaratan untuk diterima sebagai peserta kaderisasi Anshor/Banser.

Namun Abu Janda diterima atas rekomendasi seorang tokoh NU.

“Saya kira dengan pertimbangan prasangka baik dan tidak mengecek latar belakang siapa sebenarnya Abu Janda,” lanjut As’ad Ali.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Pimpinan Banser sudah pernah menegur Abu Janda untuk tidak  bicara tentang ke-NU-an atas nama Anshor. Pimpinan Banser juga sudah menginfokan kepada beberapa media mengenai hal tersebut.

“Persoalannya, ia sudah terlanjur pernah memakai seragam Banser di media dan publik menyangka ia bagian dari NU padahal fikrah dan akhlaknya bukan pengikut aswaja,” tandas As’ad Ali.

Baca juga: GP Ansor: Abu Janda Bukan Pengurus Ansor, Jangan Pakai Atribut Banser untuk Kegiatan Negatif

Kerusakan provokasi yang ditimbulkan Abu Janda, kata As’ad Ali, cukup besar. Beberapa pondok pesantren merasa terusik dan bahkan ada yang menjauhi (mufarakah) dari struktur NU.

“Misalnya di daerah sekitar Bogor, karena apa yang disampaikan oleh Abu Janda bertolak belakang dengan fikrah an Nahdliyah,” terangnya.

Lebih jauh, Mantan Wakil Ketua BIN itu menduga masih ada penyusup-penyusup lainnya.

“Saya mensinyalir ada Abu Janda-Abu Janda yang lain yang berpura-pura membela NU melalui medsos , tetapi sesungguhnya musang berbulu domba,” tandas As’ad Ali.

Baca juga: Disebut Abu Janda Sumbu Pendek, Ini Jawaban Susi Pudjiastuti

Ia lantas menyarankan agar PBNU secara resmi bersikap tegas terhadap Abu Janda.

“Dia memanfaatkan nama besar NU untuk kepentingan pribadi yang kalau dibiarkan akan merusak keutuhan NU,” pungkasnya. []

 

Diberdayakan oleh Blogger.