Header Ads

Nusron Wahid: Saya Tak Kenal Abu Janda, Semoga NU Dijauhkan dari Penumpang Gelap

Nusron Wahid

Mantan Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor, Nusron Wahid, angkat bicara soal Permadi Arya atau Abu Janda. Nusron mengatakan dirinya tidak mengenal Abu Janda.

“Banyak tanya ke saya; soal Abu Janda. Saya jawab; "saya tidak kenal dan tidak pernah bertemu." Selama memimpin Ansor 2010-2015 tidak ada nama itu beredar,” kata Nusron Wahid melalui akun Twitter pribadinya, @nusronwahid1, Ahad (31/1/2021) malam.

Ia menilai Abu Janda tidak memiliki karakter kader NU. Ia juga berharap semoga NU dijauhkan dari penumpang gelap yang ingin merusak NU dari dalam.

“Dari sikap dan bicara; tidak nampak tawassuth, tawazun, tasamuh dan i'tidal ala kader NU. Semoga NU dijauhkan dari penumpang yang ingin merusak dari dalam,” lanjut Nusron Wahid.

Sebelumnya, Putri Gus Dur, Alissa Wahid juga mengatakan karakter Permadi Arya alias Abu Janda sangat berlawanan dengan karakter warga Nahdlatul Ulama (NU). Alissa menyebut orang-orang NU sangat rendah hati, tidak jemawa, dan berhati-hati dengan orang lain.

"Berlawanan banget dengan karakternya NU," kata Alissa, Jumat (29/1/2021) petang.

Menurut Alissa, Abu Janda bukan tokoh yang populer di kalangan NU. Sosoknya baru muncul belakangan dengan membawa label NU.

Baca juga: Disebut Abu Janda Sumbu Pendek, Ini Jawaban Susi Pudjiastuti

Lebih jauh, Sekretaris Pengurus Pusat Lembaga Kemaslahatan Keluarga NU itu menyebut memang tidak bisa melarang seseorang mengaku sebagai warga NU.

"Tapi perilaku dia sesuai prinsip Aswaja (ahli sunnah wal jamaah) enggak? Kalo misalkan enggak, ya dia tidak mencerminkan perilaku nahdhiyin," lanjutnya.

Alissa menyebut lima nilai NU adalah indikator cerminan perilaku seseorang bisa disebut warga nahdhiyin.

Baca juga: GP Ansor: Abu Janda Bukan Pengurus Ansor, Jangan Gunakan Atribut Banser untuk Kegiatan Negatif

Lima nilai itu adalah tawasuth yang bermakna moderat, tasamuh atau toleransi, tawazun atau seimbang, i'tidal yang berarti tegak lurus, serta amar makruf nahi munkar alias mengajak berbuat baik dan melarang perilaku buruk. []

 

 

Diberdayakan oleh Blogger.