Header Ads

Video Keutamaan Ayat Kursi yang Luar Biasa

keutamaan ayat kursi

 

Ayat kursi, yakni Surat Al Baqarah ayat 255, memiliki keutamaan yang luar biasa dahysatnya. Hanya satu ayat, tetapi memiliki banyak fadhilah ketika rutin dibaca.

1. Pemimpin ayat Al-Qur’an

Keutamaan ayat kursi yang pertama adalah ayat yang paling agung sekaligus pemimpin ayat Al-Qur’an. Pemimpin pastilah yang terkuat. Pemimpin pastilah hebat. Demikian pula ayat kursi dibandingkan ayat-ayat lainnya. Maka banyak keutamaan terangkum dari keutamaan pertama ini.

لِكُلِّ شَىْءٍ سَنَامٌ وَإِنَّ سَنَامَ الْقُرْآنِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ وَفِيهَا آيَةٌ هِىَ سَيِّدَةُ آىِ الْقُرْآنِ هِىَ آيَةُ الْكُرْسِىِّ

Segala sesuatu itu mempunyai puncaknya dan puncak Al-Qur’an adalah Surat Al-Baqarah. Di dalamnya terdapat sebuah ayat, pemimpin semua ayat Al-Qur’an, yaitu Ayat Kursi. (HR. Tirmidzi)

2. Doa mustajabah

Keutamaan kedua, membaca ayat kursi menjadi wasilah terkabulnya doa. Sebab di dalam ayat kursi terdapat asma Allah yang paling agung; al hayyu dan al qayyum. Ketika dibaca dalam doa, Allah Subhanahu wa Ta’ala mengabulkan doa tersebut.

اسْمُ اللَّهِ الأَعْظَمُ الَّذِى إِذَا دُعِىَ بِهِ أَجَابَ فِى سُوَرٍ ثَلاَثٍ الْبَقَرَةِ وَآلِ عِمْرَانَ وَطَهَ

Asma Allah yang paling Agung yang apabila dibaca dalam doa pasti dikabulkan ada dalam tiga tempat yaitu surat Al-Baqarah, surat Ali Imran, dan surat Thaha. (HR. Ibnu Majah)

Dua ayat lainnya yang terdapat al hayyu dan al qayyum adalah Surat Ali Imran ayat 2 dan Surat Thaha ayat 111.

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ

Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya. (QS. Ali Imran: 2)

وَعَنَتِ الْوُجُوهُ لِلْحَيِّ الْقَيُّومِ وَقَدْ خَابَ مَنْ حَمَلَ ظُلْمًا

Dan tunduklah semua muka (dengan berendah diri) kepada Tuhan Yang Hidup Kekal lagi senantiasa mengurus (makhluk-Nya). Dan sesungguhnya telah merugilah orang yang melakukan kezaliman. (QS. Thaha: 111)

3. Kunci masuk surga

Orang yang membaca ayat kursi setiap selesai shalat fardhu, Allah akan memasukkannya ke dalam surga. Bahkan surga merindukannya.

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ دُبُرَ كُلِّ صَلاةٍ مَكْتُوبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُولِ الْجَنَّةِ، إِلا الْمَوْتُ

Barang siapa membaca ayat kursi sehabis setiap sholat fardhu maka tiada penghalang baginya untuk memasuki surga kecuali hanya mati. (HR. Thabrani)

4. Perlindungan dari jin dan sihir

Ini keutamaan ayat kursi yang paling populer. Perlindungan dari gangguan setan, jin jahat, dan sihir. Sebab jin sendiri pernah menyampaikan kepada Ka’ab dan Abu Hurairah, bahwa kelemahannya adalah ayat kursi. Selain itu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

إِذَا قَرَأَتْهَا حِيْنَ تُمْسِي أُجِرَتْ مِنَّا حَتَّى تُصْبِحَ وَإِذَا قَرَأَتْهَا غُدْوَةً أُجِرَتْ مِنَّا حَتَّى تُمْسِيَ

Siapa yang membaca ayat kursi ketika pagi, maka ia akan dilindungi (oleh Allah dari berbagai gangguan) hingga petang. Siapa yang membacanya ketika petang, maka ia akan dilindungi hingga pagi. (HR. Hakim)

5. Kunci rezeki dan jodoh

Keutamaan ayat kursi yang kelima ini berdasarkan sabda Rasulullah kepada sahabat yang belum (berani) menikah karena tidak punya biaya. Rasulullah menyuruhkan mengamalkan beberapa bacaan Al-Qur’an termasuk ayat kursi yang keutamaannya juga senilai seperempat Al-Qur’an. Selengkapnya bisa disimak di video Keutamaan Ayat Kursi.


Diberdayakan oleh Blogger.