Header Ads

Tantangan Tere Liye: Sejak Merdeka, Adakah Penambahan Utang Per Bulan Sebesar Ini?

Tere Liye

Tere Liye mempertanyakan utang Indonesia yang terus bertambah. Bahkan mencapai rekor baru setelah Kementerian Keuangan merilis angkanya.

“Januari 2021, Kementerian Keuangan merilis angkanya. Bulan kemarin, Negara Kesatuan Republik Indonesia resmi menambah utang sebesar: Rp 165,8 trilyun,” tulis Tere Liye di fan page Facebook, Selasa (23/2/2021).

“Ini sepertinya rekor. Dalam satu bulan, sekali pukul, BUK! Utang NKRI bertambah Rp 165,8 trilyun,” tandasnya.

Penulis beken itu pun memberikan tantangan untuk membuka data.

“Jika kalian punya data penambahan utang per bulan, monggo dikoreksi. Apakah pernah sejak Indonesia merdeka 1945, sampai Januari 2021, ada penambahan utang sebesar ini sebulannya. Tolong bantu di cross-check,” lanjutnya.

Lebih jauh ia khawatir bulan-bulan berikutnya jumlah utang bertambah signifikan.

“Dan kabar buruknya, saya khawatir, bulan-bulan berikutnya utang akan terus bertambah siginifikan. Pandemi. Defisit negara akan terus begini. Boleh jadi rekor demi rekor muncul. Karena bukan apa-apa, itu utang lama kan harus ditutup saat jatuh tempo. Belum lagi bunga-nya. Setiap dua tahun, SBN itu banyak yang harus ditutup lagi, ditutup lagi. Gali, gali, gali, gali lubang, tutup lubang.”

Baca juga: Kesal Dimaki Buzzer, Akhirnya Tere Liye Posting Begini

Tere Liye lantas meminta kepada semua untuk membantu pemerintah. Terutama orang terutama yang marah saat dirinya membahas utang negara. Caranya, dengan setor dan lapor SPT 2020. [Wajada]

 

Diberdayakan oleh Blogger.